PosIND Tingkatkan Kinerja dengan Teknologi AI Untuk Layanan yang Lebih Unggul

Penulis: Aak

PosIND AI
(Dok. PosIND)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND menggunakan kecerdasan buatan (AI) sebagai bagian integral dari strategi bisnis yang berfokus pada pelanggan.

Dengan menerapkan teknologi AI, PosIND mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenal pelanggan melalui pendekatan konsumen 360 derajat, yaitu proses profiling yang memungkinkan personalisasi layanan.

Penggunaan AI memungkinkan peningkatan kualitas dan jumlah data yang terkumpul, sehingga perusahaan memiliki data yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Di sektor jasa kurir, AI memungkinkan optimalisasi hantaran melalui perhitungan rute yang lebih efisien serta peningkatan kemitraan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan AI, PosIND dapat memperkiraan waktu dan jalur pengiriman yang optimal, sehingga biaya operasional lebih efisien dan waktu pengiriman menjadi lebih singkat.

Dukungan teknologi AI juga memungkinkan PosIND untuk meningkatkan efisiensi di layanan keuangan, termasuk optimalisasi layanan yang ada dan penambahan jenis layanan baru yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Sementara di sektor jasa logistik, AI berperan dalam optimalisasi proses dan manajemen inventori yang lebih cerdas.

Penggunaan AI dalam supply chain management (SCM), PosIND dapat merespon permintaan pasar dengan lebih cepat, termasuk dalam memprediksi dan menyesuaikan inventori berdasarkan data historis dan tren permintaan yang dipantau secara real-time.

Dalam lingkungan bisnis yang semakin dinamis, ini menjadi keuntungan kompetitif, karena PosIND mampu mengurangi kemungkinan kekurangan atau kelebihan sumber daya, serta mengelola rantai pasokan dengan lebih efisien dan tepat waktu.

PosIND juga mengamplikasikan AI pada big data untuk mendukung berbagai fungsi operasional. Salah satunya adalah optimalisasi rute pengiriman melalui analitik big data yang menggabungkan data lokasi dan cuaca sehingga membantu dalam mengurangi biaya operasional dan mempercepat pengiriman.

BACA JUGA: PosIND dan BGN Bersinergi Dukung Program Pemenuhan Gizi Nasional

Selain itu, AI mengembangkan chatbot cerdas yang merespon pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan akurat.

Dengan memanfaatkan data pelanggan ini, chatbot dapat meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 15%-20%.

Aspek lain oenggunaan AI di PosIND yakni prediksi permintaan logistik melalui demand forecasting membantu untuk mengalokasikan sumber daya dan personel dengan lebih baik, terutama di masa-masa permintaan tinggi, sehingga overstaffing dan understaffing dapat dihindari.

Selain itu, AI juga mendukung segmentasi pelanggan untuk keperluan penilaian risiko kredit dan penawaran produk yang lebih tepat sasaran, meningkatkan efisiensi hingga 10%-15% dan memberikan postensi peningkatan pendapatan dari cross-selling dan up-selling yang terarah.

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Alumni Unpas
Menang di Sony World Photography Awards 2025, Alumni Unpas Harumkan Nama Indonesia
Energi Angin Lepas Pantai
Kembangkan Energi Terbarukan, Indonesia Incar Pemanfaatan Angin Lepas Pantai
Pelajar Indramayu
Pelajar Indramayu Terpilih Masuk Paskibraka Jabar
Wali kota cimahi
Cimahi Tanpa Pungli, Wali Kota Jamin Kesetaraan Akses Pendidikan
Pesan Henhen Herdiana Kepada Bobotoh Yang Berencana Meramaikan Konvoi Juara Persib
Pesan Henhen Herdiana Kepada Bobotoh Yang Berencana Meramaikan Konvoi Juara Persib
Berita Lainnya

1

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Strategi Cost Leadership

5

Longsor Menutup Akses Jalan Sersan Badjuri Cihideung
Headline
PeduliLindungi Diretas Akun Judol
PeduliLindungi Diretas Akun Judol, Pemerintah Kecolongan Lagi!
Wali Kota Bandung Sebut SLB Wiyata Guna Bukan di Kawasan Cagar Budaya
Wali Kota Bandung Sebut SLB Wiyata Guna Bukan di Kawasan Cagar Budaya
Kecelakaan Kereta Tabrak 7 Motor di Magetan Tewaskan 4 Orang
Kecelakaan Kereta Tabrak 7 Motor di Magetan Tewaskan 4 Orang
Dedi Mulyadi dipanggil KPK
Gubernur Dedi Mulyadi Sambangi KPK, Ada Apa?

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.