“January Effect” Diharapkan Memicu Kenaikan IHSG

(Foto: Web)

Bagikan

JAKARTA, TM.ID : Fenomena January Effect diharapkan memicu kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal tahun baru 2023 ini.

IHSG dibuka melemah 8,51 poin atau 0,12 persen ke posisi 6.842,11. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 1,81 poin atau 0,19 persen ke posisi 935,37.

“Ekspektasi pelaku pasar yang lebih positif di awal tahun akan pertumbuhan ekonomi yang lebih positif di 2023, diharapkan dapat memberikan peluang January Effect. IHSG berpeluang bergerak pada level 6.780-7.128,” tulis Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta,  Senin (2/1/2023).

Dikutip dari emtrade.id, January Effect adalah sebuah tren dalam pasar saham yang berangkat dari optimisme investor bahwa bulan Januari membuka peluang profit. January Effect biasanya ditandai oleh IHSG yang cenderung menguat mengingat sebagian besar harga saham mengalami kenaikan dibandingkan bulan lain.

Wall Street menutup akhir tahun 2022 dengan penurunan pada ketiga indeks utama. Dow Jones Industrial Average turun 0,22 persen menjadi 33.147,25, S&P melemah 0,25 persen menjadi 3.839,50, dan Nasdaq Composite terkoreksi 0,11 persen menjadi 10.466,88.

Wall Street mengakhiri penurunan tajam selama setahun yang didorong oleh kenaikan suku bunga yang agresif untuk menekan inflasi, kekhawatiran resesi, perang Rusia-Ukraina, dan meningkatnya kekhawatiran atas kasus COVID-19 di China.

Indeks S&P 500 telah turun 19,4 persen tahun ini. Nasdaq yang padat teknologi melemah 33,1 persen, sedangkan Dow Jones Industrial Average terkoreksi 8,9 persen.

Di sisi lain, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 425 basis poin (bps) sepanjang Maret-Desember 2022, dan saat ini berada di level 4,25 persen – 4,5 persen.

The Fed menaikkan suku bunga acuan untuk meredam inflasi, yang timbul akibat kenaikan harga komoditas, imbas dari konflik Rusia-Ukraina.

BACA JUGA: Dibayangi Isu Resesi Dunia, Sri Mulyani Pede Kinerja Pasar Modal Indonesia akan Bagus di 2023

Per November 2022, inflasi AS tercatat 7,1 persen, dan merupakan inflasi terendah sepanjang tahun 2022. Meskipun berkurangnya tekanan inflasi di AS, pelaku pasar melihat peluang 65 persen The Fed menaikkan suku bunga 25 bps pada pertemuan Februari.

Selanjutnya, fokus investor tertuju ke prospek pendapatan perusahaan pada 2023.

Sementara itu, bursa ekuitas Eropa mengakhiri tahun terburuk mereka sejak 2018, karena konflik geopolitik Rusia-Ukraina, inflasi tinggi, dan pengetatan kebijakan moneter memukul aset berisiko di seluruh dunia.

Perekonomian di seluruh dunia pada 2022 masih mencoba keluar dari pandemi COVID-19, dengan penguncian atau lockdown yang terus terjadi di China.

Perekonomian 2022 Eropa dibayang-bayangi oleh krisis biaya hidup yang timbul dari melonjaknya tagihan energi dan pengetatan kebijakan moneter bank sentral global untuk mengendalikan inflasi.

Dari regional Asia, bursa saham kawasan masih tutup karena libur Tahun Baru.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
baic indonesia (3) (1)
BAIC Ungkap Perkiraan Harga 2 Mobil Baru di Indonesia, Termasuk Murah?
port charger iPhone
Cara Mengatasi Port Charger iPhone Original yang Kena Debu!
kia ev6 facelift (2)
Kia Luncurkan EV6 Facelift 2025, Penyegaran Desain dan Kapasitas Baterai Besar
double cabin lokal
Menperin Ingin Double Cabin Produksi Lokal, Mitsubishi Triton Siap?
Fuchsia warna apa
Dibalik Kerudung Warna Fuchsia untuk Berbagai Acara
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Tips Mengobati Gigitan Tomcat, Jangan Salah Kaprah!

3

PT Tekindo Buka Fakta Terkait Putusan MA Soal Lahan di Maluku Utara

4

Makna Lagu 'Tak Cukup Satu Kata' Single Terbaru Rizwan Fadilah

5

Sejarah Manhwa: Dari Politik Manga ke Romansa
Headline
Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia
Timnas Indonesia Bisa Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Asal?
Teror Bobotoh Terus Bayangi Bali United
Teror Bobotoh Terus Bayangi Bali United, Teco Tak Peduli
Skuat Jerman Euro 2024
Jerman Rilis 30 Nama Skuat Euro 2024, Pemain Veteran Jadi Tumpuan
David Copperfield
Pesulap David Copperfield Dituduh Lakukan Pelecehan Terhadap 16 Wanita