KALTIM, TEROPONGMEDIA.ID — Aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), akan mendaptkan sejumlah fasilitas perkantoran dan digitalisasi yang istimewa.
IKN sebagai ibu kota Indonesia berlokasi di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Bahkan, kata Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin, 70 persen ASN di IKN dapat bekerja di mana saja, hanya 30 persen saja bekerja di kantor.
Selain itu, OIKN juga menyiapkan hunian, kantor, dan fasilitas pendukung seperti air, listrik, dan fasilitas lainnya bagi ASN untuk pindah ke Kota Nusantara.
Menurut dia, yang perlu dipersiapkan dengan baik menyangkut ketersediaan layanan dasar seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk menunjang ASN beserta keluarga ketika sudah tinggal di Kota Nusantara.
Akselerasi pembangunan untuk memfasilitasi keluarga ASN yang ikut pindah ke Kota Nusantara. Hal ini, lanjut dia, agar mendapatkan pelayanan sekolah dan pusat layanan kesehatan yang layak.
BACA JUGA: Pembangunan IKN Terancam Mangkrak, Anas Sebut Membangun Megaproyek Tak Segampang Mengarang Komik
“Penyediaan tempat ibadah juga jadi fokus OIKN untuk kepindahan ASN ke Kota Nusantara,” ujar Alimuddin, seperti dilansir Antara, Selasa (28/1/2025).
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan pendataan dalam memastikan perpindahan ASN ke Kota Nusantara dapat dilakukan tanpa ada kendala
OIKN terus aktif melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat menyangkut pemindahan ASN. Dikatakan pula bahwa belum dipastikan kepindahan tersebut.
“Perpindahan ASN dibutuhkan untuk bangun ekosistem perkotaan,” pungkasnya.
(Aak)