JAKARTA,TM.ID : Perkembangan teknologi digital di Indonesia tidak terlepas dari kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal finansial dan perbankan. Digitalisasi pada bidang perbankan memberikan berbagai manfaat dan kemudahan sehingga tren digital banking mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama beberapa tahun belakangan ini, terlebih pada masa pandemi.
Seiring dengan meningkatnya tren dan kebiasaan masyarakat bertransaksi secara digital, maka jumlah pengguna bank digital juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan positif ke depannya.
Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), terjadi peningkatan nilai transaksi digital banking sebesar 28,72 persen (yoy) menjadi Rp52.545,8 triliun, dan diproyeksikan tumbuh 22,13 persen (yoy) mencapai Rp64.175,1 triliun pada 2023. Selain itu, nilai transaksi uang elektronik pada 2022 tumbuh 30,84 persen (yoy) mencapai Rp399,6 triliun.
BI memperkirakan uang elektronik akan meningkat 23,90 persen (yoy) hingga mencapai Rp495,2 triliun pada 2023.
Bank digital memberikan layanan terbaik demi kepuasan pengguna sehingga mampu menarik minat pengguna baru.
Menurut rilis Bank Neo Commerce yang diterima di Jakarta, terdapat lima alasan konsumen harus mulai menggunakan bank digital.
Pertama, kehadiran bank digital semakin memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Kemudahan yang ditawarkan oleh bank digital salah satunya yaitu kemudahan dalam mendaftar dan membuka rekening.
BACA JUGA: Tren PHK digital, Era Transformasi Unicorn jadi Dragon
Kedua, jika sebelumnya ketika ingin melakukan transaksi perbankan, harus pergi ke bank konvensional dan hal ini memerlukan waktu serta usaha yang dikeluarkan. Kini dengan adanya bank digital, aktivitas perbankan menjadi lebih praktis. Dengan bantuan internet dan smartphone, konsumen bisa langsung melakukan transaksi dalam satu aplikasi seperti transfer baik ke sesama maupun ke antarbank, pembayaran melalui QRIS, transfer hingga ratusan juta, Top Up E-money, bahkan investasi.
Ketiga, salah satu keunggulan bank digital yang tidak dimiliki oleh bank konvensional adalah bisa diakses kapanpun tanpa terikat jam operasional bank. Layanan yang diberikan oleh bank digital bisa diakses selama 24 jam tanpa adanya batasan, sehingga memudahkan nasabah ketika melakukan transaksi di luar jam operasional.
Keempat, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh bank digital, yaitu biaya transfer antarbank yang lebih ekonomis dibandingkan bank konvensional. Bahkan sebagian besar bank digital memberikan layanan transfer antarbank tanpa biaya alias gratis.
Kelima, dibandingkan dengan bank konvensional, bank digital relatif lebih sering memberikan promo kepada nasabahnya. Promo yang diberikan pun beragam, mulai dari promo cash
(Budis)