BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung membuka layanan help desk satu pintu di depan kantor pelayanan Disdik.
Layanan tersebut bertujuan memudahkan orang tua atau wali siswa dalam menyampaikan pengaduan dan menyelesaikan masalah administrasi selama proses pendaftaran.
“Help desk ini terintegrasi dengan beberapa instansi. Semua kami pusatkan di satu lokasi agar masyarakat tidak perlu berpindah-pindah menyelesaikan satu masalah,” kata Plt. Sekretaris Disdik Kota Bandung, Edi Suparjoto, Senin (26/5/2025).
Menurutnya, sebagian besar pengaduan berkaitan dengan data kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP aktif, dan akta kelahiran. Namun sejauh ini, belum ditemukan kendala yang signifikan.
Baca Juga:
SMPB Kota Bandung Terapkan Sistem Seleksi Berdasarkan Domisili
Syarat Usia Daftar SPMB Jabar 2025 Jenjang SD, SMP, dan SMA
“Jika ada orang tua mengeluhkan data anaknya hilang atau tidak muncul, petugas kami langsung mengecek berdasarkan NIK. Sistem sudah terintegrasi, jadi bisa diketahui sumber datanya dari mana—apakah dari DTKS atau lainnya. Prosesnya cepat dan akurat,” ucapnya.
Edi juga menambahkan, masyarakat bisa langsung mengurus dokumen yang belum aktif di tempat.
“Jika akta kelahiran belum aktif, bisa langsung diaktifkan dan dicetak di sini. Tidak perlu menunggu lama,” ujarnya.
Proses seleksi SPMB sendiri berlangsung otomatis melalui sistem aplikasi pada 23–27 Mei, dan masyarakat dapat memantau posisi urutan peserta secara real time selama masa seleksi.
Untuk mengantisipasi kendala teknis, Disdik telah menyiapkan genset cadangan, peningkatan bandwidth, dan kapasitas server, serta berkoordinasi dengan PLN dan penyedia layanan internet.
“Tahun lalu ada sekitar 60 ribu pengguna yang mengakses aplikasi secara bersamaan, dan alhamdulillah berjalan lancar. Tahun ini kami lebih siap, baik dari sisi infrastruktur maupun layanan,” pungkasnya. (Kyy/Usk)