BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Agung Yansusan, menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit umum daerah (RSUD), khususnya dalam memperlakukan pasien peserta BPJS Kesehatan. Ia mengingatkan bahwa pelayanan kesehatan adalah hak seluruh warga negara, tanpa memandang latar belakang ekonomi maupun pendidikan.
“RSUD di Jawa Barat harus bersikap profesional dalam melayani semua pasien, termasuk mereka yang awam terhadap prosedur medis maupun administrasi,” ujar Agung dalam wawancara baru-baru ini.
Menurutnya, sudah banyak laporan yang masuk ke DPRD terkait sikap kurang ramah atau bahkan terkesan judes dari sebagian pegawai rumah sakit terhadap pasien pengguna BPJS. Hal ini, kata Agung, tidak bisa dibiarkan karena mencoreng wajah pelayanan publik yang seharusnya mengedepankan empati dan keramahan.
Ia menekankan, pelayanan di RSUD seharusnya bisa mencontoh standar pelayanan di rumah sakit swasta yang dikenal lebih humanis.
“Tolong berikan pelayanan yang lebih ramah, sebagaimana yang biasa kita temukan di rumah sakit swasta,” tegasnya.
Baca Juga:
Agung Yansusan Dukung Global March to Gaza
Agung Yansusan: Perda Kepemudaan Bukan Sekadar Regulasi, Tapi Wadah Pemberdayaan Nyata
Agung berharap pemerintah daerah melalui dinas kesehatan dapat mengambil langkah tegas dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh jajaran RSUD, agar kualitas pelayanan publik, khususnya dalam sektor kesehatan, bisa terus ditingkatkan demi keadilan dan kenyamanan seluruh masyarakat.
(Virdiya/Aak)