OJK Jabar Luncurkan Ekosistem Keuangan Digital Bagi Pelajar di Bandung

OJK Jabar
(dok. OJK Jabar)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital khususnya bagi kalangan pelajar agar lebih memahami manfaat serta risiko penggunaan teknologi dalam produk dan layanan jasa keuangan.

Hal itu diungkap Kepala OJK Provinsi Jawa Barat Imansyah dalam sambutannya pada peluncuran Program Ekosistem Keuangan Inklusif Digital berbasis Artificial Intelligence (AI) di SMK Negeri 4 Bandung pada Selasa (6/8/2024).

Imansyah mengatakan, bahwa perkembangan teknologi yang pesat termasuk perkembangan AI telah memengaruhi berbagai sektor, termasuk sektor jasa keuangan.

Berbagai produk dan layanan jasa keuangan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat termasuk pelajar.

“Perkembangan teknologi adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat kita tolak, oleh karena itu harapannya generasi muda terutama pelajar dapat memanfaatkan teknologi dengan baik tentunya yang dibersamai dengan mitigasi risiko,” kata Imansyah.

Imansyah pun mendorong para pelajar agar dapat memaksimalkan penggunaan teknologi dan AI dengan baik terutama sebagai sarana pembelajaran pengelolaan keuangan sejak dini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) Tahun 2024 dan hasil kolaborasi antara OJK Provinsi Jawa Barat, Bank Jawa Barat dan Banten (Bank BJB), SMK Negeri 4 Bandung, dan PT Curaweda Palagan Innotech.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembukaan rekening pelajar untuk 2.000 siswa, pembagian kartu pelajar sebagai ATM, serta pengenalan layanan perbankan berbasis AI.

Bersamaan dengan itu, OJK juga mengedukasi pelajar tentang perencanaan keuangan, produk dan layanan keuangan serta waspada terhadap kejahatan di sektor keuangan.

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Edy Purwanto, Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB Yusuf Saadudin, dan Kepala SMK Negeri 4 Bandung Agus Setiawan.

Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Edy Purwanto mengapresiasi inisiatif OJK dan mengharapkan kegiatan serupa akan dilakukan secara masif dan berkelanjutan.

“Kami harapkan, apa yang diselenggarakan di SMK Negeri 4 bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi sekolah lainnya, sehingga program penuh kebaikan akan berdampak masif dan berkelanjutan,” kata Edy.

BACA JUGA: Bank Indonesia Siap Terbitkan Rupiah Digital, Apa Bedanya dengan Uang Elektronik?

Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandung Agus Setiawan menyambut baik langkah OJK untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan bagi kalangan pelajar khususnya yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan AI.

Para siswa juga diajak untuk melihat langsung implementasi agen Laku Pandai bjb BiSA, peluncuran produk Hydro4 (air mineral), dan penggunaan QRIS di kantin sekolah.

Ke depan, OJK akan terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan generasi pelajar yang cerdas, berkualitas dan mampu mengatur keuangan dengan baik untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

(Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Hobi menulis
Tuangkan Ide dengan Menulis dan Rasakan Manfaatnya!
Hobi baca buku
4 Cara Jadikan Baca Buku Sebagai Hobi yang Menyenangkan
Kominfo Blokir 32 Situs Pulsa
Lagi-lagi, Kominfo Blokir 32 Situs Pulsa Dipakai Judi Online,Berikut Daftarnya
ASN Ditetapkan Sebagai Tersangka
Kasus Tender Pengadaan Barang Dan Jasa, Satu Orang ASN Ditetapkan Sebagai Tersangka
hadiah lomba 17 agustus untuk anak
Ide Hadiah Lomba 17 Agustus untuk Anak SD, Lucu dan Bermakna!
Berita Lainnya

1

Atlet Angkat Besi, Rizki Juniansyah: Medali Emas Ini untuk Rakyat Indonesia

2

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

3

Perusahaan Tambang di Weda Tengah Kompak Bersih-bersih Kampung

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Ini Sederet Fakta Menarik Rien Wartia Trigina, Istri Andre Taulany
Headline
Lesti Kejora dan Nuansa Budaya Sunda Hiasi Pembukaan Liga 1 2024/2025
Lesti Kejora dan Nuansa Budaya Sunda Hiasi Pembukaan Liga 1 2024/2025
Persib Bandung Setelah Bungkam PSBS Biak
Laga Pembuka Liga 1 2024/2025 Menjadi Milik Persib Bandung Setelah Bungkam PSBS Biak
penipuan otp
Waspada Modus Penipuan Pakai OTP, Ini Cirinya!
Jokowi Pastikan Ada Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade
Jokowi Pastikan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris 2024