BANDUNG,TM.ID: Musim hujan seringkali membawa berbagai risiko, terutama bagi pemilik kendaraan. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah kendaraan terendam banjir. Dalam situasi seperti ini, kita harus tahu prosedur untuk klaim asuransi mobil sangatlah penting.
Artikel ini akan membahas secara detail langkah-langkah yang perlu diambil untuk klaim asuransi mobil, serta perbedaan antara jenis-jenis asuransi yang umum.
Perbedaan Asuransi TLO, Komprehensif, dan Kombinasi
Asuransi TLO
Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan paling mendasar. Biasanya memiliki premi yang lebih terjangkau daripada jenis asuransi lainnya. Namun, cakupan perlindungannya juga lebih terbatas.
Perusahaan asuransi hanya akan memberikan penggantian jika mobil hilang akibat pencurian atau mengalami kerusakan parah. Kerusakan parah ini biasanya ditentukan ketika biaya perbaikan setara atau lebih dari 70% dari harga mobil sebelum mengalami kerusakan.
Asuransi Komprehensif
Asuransi komprehensif atau asuransi all risk, memberikan perlindungan yang lebih luas daripada TLO. Selain meliputi kerusakan parah, asuransi ini juga mencakup kerusakan ringan dan sedang. Bahkan, perlindungannya juga ada yang untuk kasus kehilangan kendaraan.
Asuransi Kombinasi
Asuransi kombinasi adalah gabungan antara perlindungan dari asuransi TLO dan komprehensif. Biasanya, asuransi ini sebagai bagian dari paket kredit mobil. Pada beberapa tahun awal, konsumen mendapatkan perlindungan komprehensif, namun pada tahun-tahun berikutnya perlindungan berubah menjadi TLO.
BACA JUGA: Cara Klaim Asuransi Mobil dengan Benar, Anti Ribet!
Klaim Asuransi Mobil Kredit
Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengajukan klaim asuransi mobil kredit dari beberapa perusahaan besar:
Asuransi Garda Oto
- Laporkan kejadian atau kerusakan secepat mungkin. Pastikan untuk mendokumentasikan kondisi mobil dalam bentuk foto.
- Siapkan dokumen-dokumen, seperti SIM, STNK, polis asuransi, dan surat keterangan dari kepolisian.
- Datang ke kantor cabang terdekat atau lakukan pelaporan melalui aplikasi Garda Mobile Otocare.
- Pantau proses klaim melalui aplikasi.
- Jika klaim disetujui, mobil dapat diperbaiki.
Asuransi Adira
- Laporkan klaim dengan datang ke kantor atau menghubungi Adira Care (1500 456) dalam waktu lima hari kerja setelah kejadian.
- Siapkan dokumen-dokumen dan dokumentasi foto kerusakan mobil.
- Proses survei dan analisis klaim.
- Penggantian klaim sesuai ketentuan.
BCA Finance
- Laporkan ke BCA Finance dalam 3×24 jam setelah kejadian.
- Siapkan dokumen-dokumen seperti Surat Tanda Penerimaan Lapor dari Kepolisian, STNK asli, kunci kontak asli, dan fotocopy SIM dan KTP tertanggung.
- Proses tuntutan untuk kerusakan parah atau mobil hilang.
Pastikan untuk selalu memeriksa dan memahami ketentuan asuransi yang kamu miliki agar dapat mengambil langkah yang tepat ketika perlu.
(Kaje/Usk)