BANDUNG,TM.ID : Meta, perusahaan di balik platform Facebook, Instagram, dan WhatsApp, telah mengumumkan tiga area prioritas fokusnya untuk tahun 2023.
Ketiga area tersebut adalah pertumbuhan video khususnya melalui fitur Reels, peran kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis, dan membangun pertemuan yang lebih dekat melalui perpesanan bisnis.
Menurut Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, ketiga fokus ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan bisnis dan industri di Indonesia. Meta memiliki komitmen untuk mendukung lebih dari 200 juta pelaku bisnis dari berbagai skala di seluruh dunia melalui platform-platformnya.
“Tiga fokus kami tahun ini; Reels, AI, dan Business Messaging, telah menjadi bagian penting dari pertumbuhan komunitas kami di Meta yang mencapai 3 miliar orang di dunia,” ujarnya di Jakarta, Rabu (17/5/2023).
Fitur Reels, yang merupakan jenis konten yang populer dan berkembang pesat di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, telah menarik minat komunitas.
Menurut laporan keuangan Meta pada kuartal keempat 2022, jumlah penonton Reels meningkat dua kali lipat, dan konten yang dibagikan melalui Facebook dan Instagram juga meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya.
Peran kecerdasan buatan (AI) juga penting dalam pertumbuhan Meta. Perbincangan tentang AI di Facebook dan Instagram telah meningkat 169 persen menurut studi Culture Rising. T
eknologi personalisasi AI telah mendorong peningkatan waktu konsumsi konten Reels di Instagram sebesar 24 persen.
Meta telah meluncurkan Meta Advantage Suite pada tahun 2022, yang merupakan kumpulan produk yang menyederhanakan langkah-langkah proses pembuatan iklan dan membantu pengiklan atau pelaku bisnis untuk terhubung dengan aset kreatif yang tepat dan audiens yang tepat.
Selain itu, Meta juga ingin memperkuat peran perpesanan bisnis untuk mendukung percakapan bisnis antara pelaku bisnis dan audiens. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia terhubung dengan pelaku bisnis melalui aplikasi perpesanan Meta setiap minggunya.
BACA JUGA: WhatsApp Hadirkan Fitur Baru: Berbagi Status Otomatis ke Facebook
Studi yang dilakukan oleh Forrester Consulting dan Meta menunjukkan bahwa produk-produk perpesanan bisnis dari Meta memberikan dampak yang lebih baik dibandingkan dengan kanal komunikasi lainnya. Misalnya, komunikasi antara penjual dan pembeli melalui platform perpesanan Meta dapat meningkatkan nilai pesanan pelanggan sebesar 22,1 persen.
Beberapa fitur Business Messaging Meta yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku bisnis adalah fitur Click to WhatsApp (CTWA), yang memungkinkan pelanggan untuk berhubungan langsung dengan bisnis, dan Marketing Message, yang dapat mempererat hubungan dengan pelanggan setia melalui pendekatan yang lebih personal.
Penerapan WhatsApp for Business juga telah membantu pelaku bisnis meningkatkan layanan untuk pelanggan. Fitur-fitur seperti pesan instan, berbagi file, dan panggilan suara memungkinkan penjual untuk menjawab pertanyaan, memberikan bantuan secara real-time, dan berbagi informasi yang relevan dengan calon pembeli.
(Budis)