BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Layanan pariwisata Bali kembali normal pascabanjir. Aktivitas hotel, restoran, dan destinasi wisata kini berjalan lancar, sehingga wisatawan tetap aman berkunjung hal tersebut dipnyatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, Bali, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya.
Rai menjelaskan, hujan deras yang mengguyur Bali sehari sebelumnya menyebabkan banjir di beberapa titik. Namun, koordinasi cepat dan mitigasi yang dilakukan membuat dampak terhadap pariwisata minimal.
“Kita selalu memberikan informasi dan koordinasi dengan pemerintah. Apa pun yang perlu disosialisasikan kami sampaikan kepada tamu yang menginap,” ujar Rai mengutip PRO3 RRI.
Ia menambahkan, banjir terjadi karena kondisi bangunan padat, aliran sungai yang menyempit, dan drainase tersumbat. Meski begitu, evakuasi dan mitigasi cepat dilakukan sehingga layanan pariwisata tetap berjalan normal.
Baca Juga:
Bali Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir
Update Banjir di Bali, 562 Warga Mengungsi, 14 Tewas, 2 Hilang
Rai menegaskan, wisatawan tidak perlu khawatir dengan situasi pascabanjir. “Cuaca memang belum sepenuhnya cerah, tetapi ini bukan darurat banjir, dan semua layanan kembali beroperasi,” katanya.
Seluruh hotel, restoran, dan destinasi wisata kini siap menerima tamu. PHRI terus berkoordinasi dengan pemerintah agar informasi yang benar tersampaikan kepada wisatawan.
“Air-air sudah mengalir lancar, langit mulai cerah, lalu lintas normal, dan pembersihan pascabanjir sedang berlangsung,” ujar Rai. Ia memastikan Bali siap menerima wisatawan dengan aman dan nyaman. (usamah kustiawan)