JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Suzuki dikabarkan akan merilis motor listrik pertamanya. Motor listrik perdana Suzuki ini disebut-sebut akan hadir dengan gaya retro.
Langkah ini menandai masuknya Suzuki ke dalam pasar kendaraan listrik, dengan fokus pada skuter matik terlaris mereka, Access.
Proyek motor listrik pertama Suzuki ini sedang dalam pengembangan bersama para insinyur di Jepang, menunjukkan komitmen perusahaan untuk mengadopsi teknologi ramah lingkungan.
Sebelumnya, Suzuki telah melakukan uji coba dengan motor listrik yang berbasis pada Burgman Street selama dua tahun terakhir.
Namun, strategi baru mereka menempatkan versi listrik dari Access sebagai prioritas utama untuk diluncurkan di pasar India. Skuter listrik ini kemungkinan besar akan mempunyain ‘e-Access’, yang mempertahankan sebagian besar desain dari model konvensionalnya.
Meski demikan, Suzuki berencana untuk memberikan sentuhan yang berbeda dengan skema cat berwarna biru untuk menandai keberadaannya sebagai kendaraan ramah lingkungan.
Mesin 125cc
Meskipun belum ada rincian detil tentang spesifikasi teknis seperti kapasitas motor, tipe baterai, atau jarak tempuhnya, skuter ini mungkin akan menawarkan kinerja sebanding dengan skuter bermesin bensin kelas 125cc.
Hal ini menunjukkan bahwa Suzuki ingin memastikan bahwa penggunaan skuter listrik ini tidak mengorbankan performa atau kenyamanan bagi penggunanya.
Fitur-fitur pada e-Access juga rencananya tidak terlalu canggih untuk menjaga agar harga tetap terjangkau.
Suzuki memperhatikan perkembangan pasar kendaraan listrik, terutama setelah subsidi berakhir, dan menyadari pentingnya menetapkan harga yang sesuai dengan nilai produk.
Kebijakan ini menunjukkan keseriusan Suzuki dalam menjelajahi pasar kendaraan listrik yang semakin berkembang.
BACA JUGA: Royal Enfield Bullet 350 Rilis di Malaysia, Harga Lebih Murah!
Meskipun tanggal pasti peluncuran e-Access belum diumumkan, diperkirakan akan diluncurkan menjelang akhir tahun ini.
Suzuki juga sedang memantau langkah-langkah dari pesaing utamanya, seperti Honda dan Yamaha, yang juga aktif di pasar kendaraan listrik.
Pergerakan pesaing ini dapat memengaruhi keputusan Suzuki tentang tanggal peluncuran dan strategi pemasaran mereka untuk e-Access. Adapun permintaan pasar terhadap skuter listrik baru ini juga akan terpengaruh oleh langkah-langkah dari pesaing utama Suzuki.
Dengan meluncurkan e-Access, Suzuki berharap untuk memperluas pangsa pasar mereka dalam segmen kendaraan listrik dan meningkatkan kontribusinya terhadap upaya global dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.
Ini juga menunjukkan kesungguhan Suzuki dalam menjawab tuntutan pasar yang semakin memperhatikan aspek ramah lingkungan dalam mobilitas sehari-hari.
(Dist)