JAKARTA,TM.ID: Toyota memiliki jajaran Kijang bermesin diesel lintas generasi, mulai dari generasi keempat, kelima, hingga keenam. Jika anda sedang mencari mobil bekas dari salah satu seri itu, ketahuilah dulu harga pajak tahunannya.
Sebelum akhirnya, penyematan mesin diesel pada Innova Zenix berakhir, tergantikan oleh inovasi teknologi mesin bensin dan listrik (hybrid).
Daftar Pajak Tahunan Kijang Diesel
BACA JUGA: Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Melansir berbagai sumber, berikut daftar pajak tahunan dari lini mobil Kijang diesel:
Generasi 4
- LGX-D 1999 Biaya Pajak Rp. 1.205.000
- LGX 1999 Biaya Pajak Rp. 1.399.000
- LGX Diesel 2000 Biaya Pajak Rp. 1.583.000
- Krista MT Rp 945.000
- Krista GL LUX Rp 1.005.000
- Krista GLX Long STD Rp 1.005.000
Genarasi 5
- Toyota Kijang Innova G 2006 Biaya Pajak Rp. 2.280.000
- Toyota Kijang Innova G 2006 Biaya Pajak Rp 2.228.000
- Toyota Kijang Innova G 2008 Biaya Pajak Rp 2.450.000
- Toyota Kijang Innova G 2009 Biaya Pajak Rp. 2.600.000
- Toyota Kijang Innova G 2009 Biaya Pajak Rp 2.600.000
- Toyota Kijang Innova G 2010 Biaya Pajak Rp. 2.798.000
- Toyota Kijang Innova G 2010 Biaya Pajak Rp 2.798.000
- Toyota Kijang Innova G 2011 Biaya Pajak Rp. 2.820.000
- Toyota Kijang Innova 2011 Biaya Pajak Rp. 2.620.000
- Toyota Kijang Innova G 2011 Biaya Pajak Rp 2.828.000
- Toyota Kijang Innova G 2012 Biaya Pajak Rp 2.978.000
- Toyota Kijang Innova G 2013 Biaya Pajak Rp 3.098.000
- Toyota Kijang Innova G 2014 Biaya Pajak Rp 3.428.000
Generasi 6
- All New Toyota Kijang Innova G Diesel 2015 Biaya Pajak Rp 4.091.000
- All New Toyota Kijang Innova G Diesel 2016 Biaya Pajak Rp 4.294.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 G A/T 2017 Biaya Pajak Rp 5.320.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 G M/T 2017 Biaya Pajak Rp 4.980.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 Q A/T 2017 Biaya Pajak Rp 6.760.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 Q M/T 2017 Biaya Pajak Rp 6.420.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 V A/T 2017 Biaya Pajak Rp 6.020.000
- All New Toyota Kijang Innova 2.4 V M/T 2017 Biaya Pajak Rp 5.720.000
- Venturer 2.4 AT 2018 Rp 6.867.000
- Venturer 2.4 MT 2018 Rp 6.531.000
- Venturer 2.4 AT 2019 Rp 7.224.000
- Venturer 2.4 MT 2019 Rp 6.888.000
- venturer 2.4 AT 2020 Rp 7.329.000
- Venturer 2.4 MT 2020 Rp 6.993.000
- Venturer 2.4 AT 2021 Rp 7.644.000
- Venturer 2.4 MT 2021 Rp 7.308.000
- Venturer 2.4 AT 2022 Rp 8.064.000
- Venturer 2.4 MT 2022 Rp 7.728.000
- Venturer 2.4 AT 2023 Rp 8.274.000
- Venturer 2.4 MT 2023 Rp 7.917.000
Sejarah Toyota Kijang
Toyota Kijang adalah mobil yang melegenda bahkan ikonik di pasar otomotif Indonesia. Namun, tahukah bahwa Kijang sebenarnya merupakan singkatan?
Nama ini merupakan kepanjangan dari Kerjasama Indonesia-Jepang (Kijang). Jusuf Kalla, sosok yang mengusulkan penamaan mobil ini, memberikan kontribusi besar dalam membangun sejarah Toyota Kijang di Indonesia.
Pertama, Toyota Kijang hadir pada tahun 1977 sebagai kendaraan niaga, dikenal sebagai Kijang Buaya. Mesin bensin 1.200 cc menjadi andalan, dan awalnya hanya diproduksi sebanyak 1.168 unit.
Namun, popularitasnya melesat, menjadikannya kendaraan multifungsi dan serbaguna yang mudah perawatannya dengan harga terjangkau.
Kedua, masuk tahun 1981, generasi sebelumnya berubah menjadi Kijang Doyok (KF20). Mesinnya ditingkatkan menjadi 1.300 cc dan kemudian 1.500 cc. Perubahan pada lampu, gril, dan penambahan minibus menunjukkan inovasi yang terus berkembang.
Selanjutnya, pada generasi Kijang Super hadir ditandai sebagai generasi emas. Generasi ini memperkenalkan teknologi full pressed body, menggeser konsep niaga menjadi kendaraan keluarga.
Penjualan mencapai lebih dari 500.000 unit selama 10 tahun produksi, menjadikannya ikon di seluruh Indonesia.
Lalu, keempatbertransformasi signifikan dengan desain yang lebih aerodinamis, dikenal sebagai Kijang Kapsul. Varian mesin diesel dan transmisi otomatis pertama kali hadir pada era ini.
Memasuki generasi kelima, pada tahun 2004 membawa perubahan besar dengan lahirnya Kijang Innova. Bergabung dengan proyek global IMV, Kijang meningkat kelasnya menjadi MPV sesungguhnya. Fitur modern seperti VVT-i dan airbag menandai era ini.
Sebelum hadirnya Zenix, dikenal sebagai All New Kijang Innova, melihat total perubahan. Desain yang modern, teknologi canggih seperti VVT-i, GD Series untuk mesin diesel, dan transmisi otomatis 6-percepatan menempatkan Kijang Innova sebagai salah satu MPV kelas menengah terbaik.
(Saepul/Aak)