JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Chery memperkenalkan sub merk mereka, Lepas untuk memperluas jangkauan pasar. Peluncuran dilakukan dalam ajang International Business Summit yang digelar di Wuhu, Anhui, China, pada Kamis (24/4/2025).
Kehadiran Lepas kepada khalayak, sekaligus menjadi yang keenam dari Chery, setelah sebelumnya terdapat Exeed, Omoda, Jaecoo, dan iCar.
Masing-masing brand tersebut menyasar segmen pasar yang berbeda-beda dengan pendekatan desain, teknologi, dan karakteristik unik.
“Selama beberapa tahun terakhir, China adalah salah satu raksasa otomotif dunia yang meraih kesuksesan luar biasa. Dengan dukungan riset dan pengembangan global, penjualan internasional, dan rantai pasokan yang kuat, kehadiran brand baru seperti Lepas sangat memungkinkan,” kata Deputy CEO of Lepas, Wei Zhong, dalam sambutannya di acara peluncuran.
Chery Ungkap Arti Lepas
Alih-alih terdengar seperti Bahasa Indonesia, Wei Zhong menjelaskan, Lepas adalah gabungan dari dua kata yakni “Le” dan “Pas”. “Le” bisa diartikan sebagai Leopard (macan tutul) yang mencerminkan kelincahan dan kekuatan, juga dapat diartikan sebagai Leap yang berarti lompatan atau inovasi. Sedangkan, kata “Pas” berasal dari kata Passion, yang berarti gairah atau semangat.
BACA JUGA:
Triton-Hilux Jangan Lari, Chery Punya Himla untuk Bentrok di Pasar Double Cabin!
Rahasia Suzuki Terbebas dari Gangguan Ormas, BYD Perlu Belajar?
“Lepas membawa semangat Leap dan Leopard—lincah, kuat, penuh energi. Ditambah Passion, yang menjadi semangat kami dalam menciptakan mobil cerdas, aman, dan nyaman untuk pelanggan,” ungkapnya.
Bukan hanya sekedar branding, mereka juga menunjukkan beberapa lini produk andalannya seperti Lepas L4, L6, dan L8 yang menjadi model flagship. Mobil-mobil ini dikembangkan menggunakan teknologi mutakhir di industri otomotif Tiongkok.
Proyeksi Chery
Presiden Chery International, Zhang Guibing, mengungkapkan alasan di balik peluncuran merek baru tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka memang sengaja mengembangkan berbagai brand karena satu merek saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen yang sangat beragam.
Zhang menjelaskan, strategi multibrand memungkinkan Chery untuk menangkap berbagai peluang pasar dengan lebih efisien.
Misalnya, seri Tiggo mewakili karakter kuat dan cepat, Omoda tampil trendi dan unik, sedangkan Jaecoo punya gaya lebih klasik dan elegan. Kini, dengan kehadiran Lepas, Chery menyasar pasar yang lebih chic dan soft.
strategi ini dapat memperkuat posisi Chery dalam persaingan industri otomotif global yang semakin kompetitif. Ia menegaskan bahwa Chery ingin menjawab kebutuhan pelanggan dari berbagai latar belakang dan preferensi.
(Saepul)