BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — YouTube telah menyediakan fitur YouTube Analytics yang dapat memberikan informasi demografik penonton yang bermanfaat.
Ketika mengunggah video di YouTube, tentu pengguna ingin mengetahui siapa saja yang menonton video unggahannya.
YouTube Analytics juga dapat dijadikan sebagai dasar untuk menganalisa audiens.
Berikut cara menggunakan YouTube Analytics:
1. Masuk ke YouTube Studio
- Masuk ke akun YouTube, lalu pilih gambar profil di kanan atas
- Pilih “YouTube Studio”
2. Akses Fitur Analytics
- Di panel kiri, pilih “Analytics” untuk melihat berbagai statistik terkait pemirsa video
BACA JUGA : Penyanyi dan Youtuber Korea Selatan Daud Kim Ingin Bangun Masjid
3. Melihat Data
- Informasi tentang audiens dapat dilihat melalui beberapa filter, seperti:
- Waktu menonton
- Durasi penayangan rata-rata
- Pemirsa baru
- Suka dan tidak suka
- Sumber traffic
- Usia dan jenis kelamin
- Tipe perangkat
4. Memahami Laporan Analytics
- Overview: Ringkasan tingkat tinggi tentang kinerja konten
- Content: Menampilkan tayangan saluran, penayangan, sumber traffic, dan video teratas
- Audience: Mengelompokkan demografi penonton berdasarkan usia, jenis kelamin, dan geografi
- Research: Menampilkan penelusuran teratas yang dilakukan orang-orang untuk menjangkau video
Dengan menggunakan fitur YouTube Analytics, pengguna dapat dengan mudah menganalisis demografik penonton video mereka.
Informasi ini dapat digunakan untuk menyesuaikan konten dan strategi pemasaran agar lebih efektif menjangkau target audiens.
(Hafidah Rismayanti/Aak)