JAKARTA,TM.ID: Hyundai IONIQ 6, sang mobil listrik bertenaga tinggi ini ternyata mempunya torsi yang tak masuk akal. Tenaga instan yang disajikan oleh motor listriknya langsung membawa tubuh kita terdorong dengan sangat kuat.
Kecepatannya sungguh mengesankan, dan yang lebih menakjubkan lagi, tak ada suara mesin bensin yang bersahut-sahutan seperti biasa.
Maka tak heran jika Hyundai berani klaim bahwa mobil andalannya ini mampu mencapai 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu 5,1 detik.
IONIQ 6 ini nampaknya lebih ngebut dalam akselerasi awalnya dibandingkan beberapa rivalnya, seperti KIA EV6 GT-Line yang memerlukan 5,2 detik, dan Toyota BZ4X yang harus berjuang hingga 8,3 detik.
Untuk meraih performa serba cepat ini, IONIQ 6 ditenagai oleh dua motor listrik Permanent-Magnet Synchronous Motor dengan total daya mencengangkan hingga 239 kW atau setara dengan 320 dk, serta torsi gahar mencapai 605 Nm.
BACA JUGA: Luncurkan IONIQ 6, Hyundai Motors Terdepan di Era Kendaraan Listrik
Daya dari motor-motor ini disalurkan melalui transmisi Single-speed reduction gear yang menggerakkan keempat roda (AWD).
Selain itu, baterainya menggunakan baterai Lithium-ion berkapasitas besar, yaitu 77,4 kWh, yang konon dapat terisi hingga 80% hanya dalam 18 menit melalui stasiun pengisian super cepat berdaya 350 kW DC.
Hyundai juga berani bilang bahwa jarak tempuh satu kali pengisian bisa mencapai 519 km. Ini berita baik bagi pemilik mobil listrik yang doyan jalan-jalan jauh.
Bicara soal tampilan, IONIQ 6 hadir dengan desain eksotis dan aerodinamis yang mencuri perhatian. T
ampilannya begitu elegan dan mewah, dengan sentuhan khas Hyundai berupa lampu LED parametric pixel yang memikat hati.
Dimensinya pun cukup besar, dengan panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm serta jarak poros roda sepanjang 2.950 mm. Pelek berdiameter 20 inci dengan ban berukuran 245/40R20 semakin memperkuat tampilannya yang macho.
Ketika kita masuk ke dalam kabinnya, rasanya seakan-akan kita telah pulang ke rumah lama. Pasalnya, tampilan dalamnya mirip sekali dengan IONIQ 5. Keduanya memanfaatkan platform E-GMP yang sama, yang memungkinkan berbagai model mobil listrik yang menawan.
Kursi pengemudi dan penumpang depan dapat disetel dengan berbagai cara yang sangat nyaman, termasuk pengaturan elektrik 10 arah, dukungan pinggang, fungsi memori, serta pendingin dan pemanas kursi.
Dasbor dibuat mewah sekaligus elegan. IONIQ 6 juga dilengkapi dengan Supervision Digital Cluster berukuran 12,3 inci dan Head-up Display.
Di baris kedua, ada cukup banyak ruang bagi penumpangnya. Meskipun atapnya terasa agak rendah, tapi ruang kepala masih cukup lega, dan ruang kaki sangat luas.
Perlu diingat bahwa baterai mobil ditempatkan di lantai, sehingga membuat lantainya agak sedikit lebih tinggi.
(Dist)