Adu Unggul Hasil Survey Ganjar, Prabowo dan Anies di Kalangan Milenial dan Gen Z

Penulis: Masnur

hitung cepat quick count AMIN Prabowo Gibran Ganjar Mahfud
Hasil survey terhadap Ganjar, Prabowo, dan Anies di kalangan milenial dan Gen z. (Foto: Kolase)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

JAKARTA, TM.ID: Ipsos Public Affairs melakukan survey dan hasilnya disebutkan kalau elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDI Perjuangan unggul di kalangan milenial dan Gen-Z.

Dia unggul di kalangan Milenial yang berusia 25-39 tahun dan Gen Z berusia 17-24 tahun.

Dari hasil survei Ipsos memperlihatkan kalau di kalangan milenial, elektabilitas Ganjar 39,90 persen semebtara di kalangan Gen Z sebesar 42,40 persen.

Peneliti senior Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam mengatakan kalau elektabilitas Ganjar unggul karena dia lebih aktif di media sosial. Menurutnya konten yang dibuat dan disampaikan oleh Ganjar melalui media sosial pribadinya, mendapatkan atensi dari milenial dan Gen Z.

“Cara kampanye Ganjar lebih diterima di kalangan milenial dan Gen Z, karena Ganjar lebih aktif di sosial media. Aktif dan bahasanya membumi,” ucap Arif kepada media di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

BACA JUGA: Hasil Survey: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul Atas Prabowo dan Anies

Dia menilai cara Ganjar Pranowo berselancar di media sosial, menjadi daya tarik bagi kalangan milenial dan Gen Z. Dia menilai Ganjar jago dalam penggunaan medsos. Hal itu sama halnya dengan yang dilakukan Ridwan Kamil, yang yang mampu menggaet kalangan milenial dan Gen Z.

“Namun Ridwan Kamil bukan tokoh potensial yang maju sebagai capres. Karena itu, dibandingkan Prabowo dan Anies, Ganjar jauh lebih aktif dan atraktif di sosmed,” terangnya.

Arif juga mengatakan, pemilih milenial dan Gen Z dalam Pemilu 2024 diperkirakqn jumlahnya sebanyak 56 persen dari total suara. Maka dari itu, suara dari kedua kalangan itu berpotensi untuk diperebutkan para kandidat.

Dari hasil survei Ipsos menyebutkan kalau elektabilitas Ganjar unggul di kalangan Gen Z sebesar 42,40 persen. Sementara Prabowo Subianto 41,6 persen dan Anies Baswedan 16 persen.

Kalau dikalangan milenial Ganjar unggul di angka 39,90 persen, Prabowo 35,71 persen, dan Anies Baswedan 24,38 persen. Sementara itu di kalangan pemilih dengan rentang usia 40-49 tahun, Ganjar mendapatkan 35,42 persen, Prabowo sebanyak 41,67 persen dan Anies sebanyak 22,92 persen.

BACA JUGA: Katanya Isu Kemiskinan di Jateng Tak Mampu Bikin elektabiloitas Ganjar Pranowo Anjlok

Selain itu di kalangan pemilih rentang usia 50-59 tahun Ganjar mendapatkan 47,90 persen, Prabowo 29,41 persen dan Anies Baswedan 22,69 persen. Untuk kalangan pemilih yang berusia di atas 60 tahun, Ganjar sebesar 27,27 persen, Prabowo 36,36 persen, dan Anies Baswedan 36,36 persen.

Survei yang dilakukan Ipsos tanggal 22- 27 Agustus di 24 provinsi, di daerah perkotaan dan perdesaan, denga menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1.200 responden, menggunakan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan sistem Computer -Assisted Personal Interviews (CAPI). Semetara itu survey memiliki Margin of Error kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Hyundai Palisade Hybrid
Sudah Buka Pemesanan di Indonesia, Kapan Pasti Hyundai Palisade Hybrid Rilis?
Tangkas X7
Ketangguhan Motor Listrik Tangkas X7, akan Dibuktikan Lewat Intensitas Ojol!
thumb-small-R0010072_2022-01-24_11-25-22_screenshot
Ricoh Theta A1, Kamera 360 Profesional untuk di Medan Ekstrem
Jasad Bayi di SCBD
Jasad Bayi Laki-Laki Ditemukan Petugas Kebersihan di Kawasan SCBD
Mobil dinas busway
Menyoal Polisi Hormat ke Mobil Dinas Penerobos Busway, Polda Metro: Anggota Saya Fokus ke Kemacetan
Berita Lainnya

1

Empat Perusahaan Tambang Nikel di Raja Ampat Langgar Aturan Lingkungan Hidup

2

Legislator Kritik Keras Penambangan Nikel Raja Ampat Papua Barat Daya, Melanggar Regulasi!

3

Sejarah Kelam Jam Malam, dari Abad Kegelapan hingga Era Dedi Mulyadi

4

Pengabdian Kepada Masyarakat – UNIBI TALK: Storytelling sebagai Cara Membentuk Personal Branding yang Autentik dan Konsisten Melalui Media Sosial Instagram

5

Update Kondisi Gunung Tangkuban Parahu, Tetap Waspada Meski Jumlah Gempa Vulkanik Alami Penurunan
Headline
sapi menangis saat kurban
Kenapa Sapi Menangis Saat Kurban? Cek Jawabannya
Waspada Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan RS dan Laboratorium
Waspada Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan RS dan Laboratorium
Presiden Prabowo Subianto Serahkan Sapi untuk Masjid Al Ukhuwah Bandung
Presiden Prabowo Subianto Serahkan Sapi 1,2 Ton untuk Masjid Al Ukhuwah Bandung
Prabowo Bersyukur Timnas Indonesia Kalahkan China
Bersyukur Timnas Indonesia Kalahkan China, Prabowo Berharap Bisa Berlaga di Piala Dunia

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.