BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND meminta masyarakat waspada terhadap modus penipuan berupa pesan melalui aplikasi chatting maupun panggilan telepon yang mengatasnamankan Pos Indonesia.
Pihak yang tidak bertanggung jawab mengirimkan link pada pesan melalui aplikasi chatting, maupun melakukan panggilan telepone untuk menekan angka tertentu yang tujuannya meretas gawai para korban.
hal ini merupakan penipuan dalam bentuk phising. Phising adalah kejahatan siber untuk mendapatkan data pribadi termasuk PIN dan password rekening tabungan yang berujung pada pengurasan uang di rekening.
Jika terima pesan maupun panggilan telepon yang terindikasi penipuan, segera laporkan ke Aduannomor.id
Aduannomor.id merupakan situs resmi Kementerian Komdigi yang difungsikan sebagai portal untuk menerima aduan masyarakat terkait penyalahgunaan nomor seluler yang digunakan untuk penipuan dan penawaran judi online.
BACA JUGA: Ini Peran PosIND di Wilayah Sulit Terjangkau
Aduannomor.id hanya melakukan pemblokiran kartu seluler yang terindikasi digunakan untuk penipuan dengan bukti dukung dan identitas diri yang sah.
Jika #SahabatPos mendapatkan pesan yang berisikan link dari orang yang tidak dikenal, segera hapus pesan tersebut.
Atau pun menerima telepon mengatasnamakan perusahaan tertentu dan mengarahkan untuk menyebut/menekan nomor tertentu, panggilan tersebut segera untuk diabaikan.
Jika #SahabatPos ada pertanyaan mengenai layanan Pos IND, #SahabatPos dapat menghubungi layanan resmi pada:
1. Contact Center : 1500161
2. Website : http:www.posindonesia.co.id
3. Email: [email protected]
4. Facebook: Pos Indonesia
5. Twitter : posindonesia
6. Instagram : @posindonesia.ig
7. Tiktok : @posindonesia_official
8. LinkedIn : PT Pos Indonesia (Persero)
(Aak)