BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — PT Toyota Astra Motor (TAM) membekukan penjualan selama ajang GIIAS 2024 berlangsung, dengan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 6.202 unit.
Perolehan tersebut menunjukkan kepercayaan publik terhadap brand Toyota yang terus menguat di pasar otomotif Indonesia. Beberapa model menjadi ikon penjualan pabrikan asal Jepang ini.
Mobil Terlaris Toyota di GIIAS 2024
Pertama, Kijang Innova kembali menempatkan dominasi SPK sebanyak 1.968 unit atau sekitar 31 persen dari total SPK Toyota. Mobil berjenis Toyota ini menjadi favorit berkat kombinasi kenyamanan, ruang yang luas, dan performa yang handal. Model terbaru, All New Kijang Innova Zenix HEV, menjadi penyumbang utama dengan komposisi penjualan yang signifikan.
BACA JUGA: Perbandingan Haval Jolion HEV dan Toyota Yaris Cross HEV, China atau Jepang?
Selain Innova, duo Avanza Veloz juga mencatat penjualan positif dengan indikator SPK 1.395 unit atau sekitar 22 persen dari total SPK Toyota.
Avanza Veloz, yang sudah tida diragukan lagi keandalannya dan harga yang kompetitif, tetap menjadi promadona populer di segmen MPV.
Dengan ini, menunjukkan daya tarik mobil ini di kalangan masyarakat yang mencari kendaraan dengan kapasitas penumpang besar namun tetap efisien.
Kendaraan Elektrifikasi Ikut Laris
Selain kendaraan bermesin konvensional, di sektor kendaraan elektrifikasi, All New Kijang Innova Zenix HEV menunjukkan peningkatan signifikan dalam penjualan.
Mobil ini mencatatkan angka SPK 1.305 unit, menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota, mencatatkan komposisi penjualan 75 persen ketimbang dengan versi berbahan bakar bensin.
Tentunya, hal ini mencerminkan minat yang meningkat terhadap kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.
Peningkatan Penjualan xEV Toyota di GIIAS 2024
Secara keseluruhan, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota mencapai 1.724 unit, meningkat 37 persen daripada dengan tahun sebelumnya.
Selain All New Kijang Innova Zenix HEV, All New Yaris Cross HEV juga bersumbangsih dengan SPK 240 unit, mencerminkan lebih dari 75 persen dari total penjualan model tersebut selama pameran.
All New Alphard HEV dan All New Vellfire HEV juga mencatatkan penjualan yang memuaskan, dengan masing-masing SPK 121 dan 25 unit.
Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menekankan, pentingnya teknologi Hybrid sebagai solusi mobilitas yang relevan dan cocok di seluruh wilayah tanah air.
Toyota berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak pilihan kendaraan elektrifikasi guna mewujudkan netralitas karbon. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan, mereka berharap tren ini akan terus berlanjut dan mendukung penjualan kendaraan elektrifikasi mereka.
(Saepul/Aak)