JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Toyota Indonesia baru saja mengumumkan penarikan (recall) terhadap mobil listrik bZ4X periode produksi antara Desember 2022 hingga Agustus 2023.
Recall ini juga mencakup beberapa model Lexus, yaitu ES, LS, NX, dan RX dengan periode waktu produksi yang sama. Mereka meminta, para pemilik mobil tersebut agar melakukan pemeriksaan dan penggantian Front View Camera dan Rear View Camera
“Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Toyota dan Lexus di Indonesia, kami menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yaitu menginformasikan dan mengajak para pemilik Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023 untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat. Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan Front View Camera dan Rear View Camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apa pun,” terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan persnya, dikutip Kamis (22/08/2024).
Risiko Toyota bZ4X Recall
Berdasarkan temuan Toyota, ada masalah pada proses pengelasan laser pada wadah kamera yang kurang optimal dari supplier selama periode produksi tertentu. Hal itu berpotensi menyebabkan wadah kamera terlepas jika terkena tekanan eksternal, sehingga air bisa masuk.
BACA JUGA: Suzuki Avenis 125 Recall, ini Cara Klaim untuk Pemilik Online atau Offline
Jika air bocor ke dalam kamera dan menyebabkan korsleting, maka visual yang tampil di layar monitor kendaraan bisa terganggu atau bahkan tidak tampil sama sekali. Hal ini tentunya bisa mengurangi keamanan saat berkendara, terutama ketika melakukan manuver parkir.
Layanan Recall
Untuk memastikan kendaraan Anda termasuk dalam daftar recall, Anda dapat memverifikasi melalui website resmi Toyota di https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau menghubungi layanan Customer Care Toyota yang tersedia 24 jam di nomor telepon 1-500-315.
Pemilik juga bisa menggunakan layanan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui WhatsApp di nomor 0811-1500-315. Untuk pelanggan Lexus, bisa menghubungi Lexus Customer Care 24 jam di nomor telepon 021-390-9999 atau 0821-8090-0900.
Adapn proses recall dapat memakan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika ada masalah yang memerlukan penggantian parts, proses perbaikan dapat memakan waktu tambahan sekitar 1,5 hingga 4 jam, tergantung pada model kendaraan.
Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, Toyota dan Lexus menyarankan agar pelanggan melakukan booking terlebih dahulu sebelum membawa kendaraan ke bengkel.
(Saepul/Aak)