Toyota bZ4x Indonesia Recall, Bawa ke Bengkel sebelum Tambah Ribet!

toyota bz4x recall
(Dok.Toyota)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Toyota Indonesia baru saja mengumumkan penarikan (recall) terhadap mobil listrik bZ4X periode produksi antara Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Recall ini juga mencakup beberapa model Lexus, yaitu ES, LS, NX, dan RX dengan periode waktu produksi yang sama. Mereka meminta, para pemilik mobil tersebut agar melakukan pemeriksaan dan penggantian Front View Camera dan Rear View Camera

“Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Toyota dan Lexus di Indonesia, kami menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yaitu menginformasikan dan mengajak para pemilik Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus tahun produksi Desember 2022 – Agustus 2023 untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat. Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan Front View Camera dan Rear View Camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apa pun,” terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan persnya, dikutip Kamis (22/08/2024).

Risiko Toyota bZ4X Recall

Berdasarkan temuan Toyota, ada masalah pada proses pengelasan laser pada wadah kamera yang kurang optimal dari supplier selama periode produksi tertentu. Hal itu berpotensi menyebabkan wadah kamera terlepas jika terkena tekanan eksternal, sehingga air bisa masuk.

BACA JUGA: Suzuki Avenis 125 Recall, ini Cara Klaim untuk Pemilik Online atau Offline

Jika air bocor ke dalam kamera dan menyebabkan korsleting, maka visual yang tampil di layar monitor kendaraan bisa terganggu atau bahkan tidak tampil sama sekali. Hal ini tentunya bisa mengurangi keamanan saat berkendara, terutama ketika melakukan manuver parkir.

Layanan Recall

Untuk memastikan kendaraan Anda termasuk dalam daftar recall, Anda dapat memverifikasi melalui website resmi Toyota di https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau menghubungi layanan Customer Care Toyota yang tersedia 24 jam di nomor telepon 1-500-315.

Pemilik juga bisa menggunakan layanan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui WhatsApp di nomor 0811-1500-315. Untuk pelanggan Lexus, bisa menghubungi Lexus Customer Care 24 jam di nomor telepon 021-390-9999 atau 0821-8090-0900.

Adapn proses recall dapat memakan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika ada masalah yang memerlukan penggantian parts, proses perbaikan dapat memakan waktu tambahan sekitar 1,5 hingga 4 jam, tergantung pada model kendaraan.

Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, Toyota dan Lexus menyarankan agar pelanggan melakukan booking terlebih dahulu sebelum membawa kendaraan ke bengkel.

 

(Saepul/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Tips Nonton Konser
5 Tips Nonton Konser Sendiri Biar Tetap Seru!
Ukuran koper
Menilik Beragam Jenis Ukuran Koper, Sebelum Bepergian Jauh
Babat Sapi
3 Resep Olahan Babat Sapi yang Enak!
Penyebab muka tidak simestris
Wow, 8 Penyebab Muka Tidak Simetris!
Aplikasi Keuangan
5 Aplikasi Keuangan, Jadikan Finansial Lebih Stabil!
Berita Lainnya

1

Ketua DPRD Jawa Barat Buky Wibawa Bahas Masalah Penahanan Ijazah

2

Kebijakan LPG 3 Kg: Kunto Aji Kritik Mental Pejabat, Bahlil Salahkan Warga

3

Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Ciawi, 8 Orang Tewas, 11 Luka

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran
Dedi Mulyadi Pangkas Anggaran Gubernur Rp2,1 Miliar, Dialihkan Buat Bangun Rumah Rakyat Miskin
Daftar pemain Timnas U20 Indonesia Piala Asia U20 2025
Piala Asia U20 2025: Daftar 23 Pemain Timnas U20 Indonesia, 3 di Antaranya Pemain Debutan
santunan korban kecelakaan tol ciawi 2
Segini Besaran Santunan Para Korban Tabrakan Beruntun Tol Ciawi 2
Gunung Gamalama Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik
Waspada! Gunung Gamalama Maluku Utara Alami Peningkatan Kegempaan Vulkanik

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.