BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Tim Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melakukan aski heroik penyelamatan orang terjebak di dalam lift.
Peristiwa orang terjebak di dalam lift terjadi pada Minggu (15/9/2024), di GBI Bethel Bandung, kawasan Paskal Hyper Squre (B81), RT 00 RW 00, Kecamatan Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.
Berdaeakan laporan Diskar PB Kota Bandung, tim rescue menerima laporan warga bernama Clarisha Leymena, pada pukul 08.42 WIB, kemudian meluncur ke TKP pukul 08.43 WIB, dan tiba di lokasi kejadian pukul 08.55 WIB.
Menurut saksi, lift berhenti karena terjadinya mati listrik secara serentak di kawasan Paskal Hyper Square. Lift mati berhenti di antara lantai satu dan lantai dasar.
“Diketahui ada empat orang yang terjebak di dalam lift. Pelapor langsung menghubungi Emergency Call 113 Diskar PB Kota Bandung,” demikian laporan Diskar PB Kota Bandung yang diterima redaksi Teropong Media.
Lift tersebut merupakan sarana pelengkap untuk kemudahan pelayanan tamu BPI Bethel Bandung. Adapun keempat orang yang terjebak di dalam lift tersebut bernama Aan, Willy, Lidya, dan Vivi.
Proses Evakuasi
Diskar PB Kota Bandung memastikan proses evakuasi berjalan lancar dan tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.
Tim berangkat ke TKP dengan menurunkan 1 Unit Pancar UPTD DKPB Wilayah Barat dan 1 Tim Rescue. Petugas memastikan korban bisa berkomunukasi dengan orang-orang yang terjebak dan dalam keadaan baik.
Saat teknisi lift tiba, petugas langsung berkoordinasi untuk proses penanganan evakuasi. Penangann dimulai pada pukul : 09.15 WIB. Evakuasi dilakukan dengan menaikan lift ke lantai satu dengan cara diputar manual dari ruang panel kontrol lift.
Saat Akan mempersiapkan evakuasi penyambutan korban di lantai satu, sempat terjadi kesalahfahaman antara penanggung jawab gedung dan petugas.
Saat pintu lift terbuka, petugas langsung melakukan evakuasi korban yang terjebak dan memastikan tidak ada korban luka. Penanganan usai, lift berhasil terbuka dan korban berhasil dievakuasi.
“Petugas memberikan imbauan mengenai layann darurat EMERGENCY CALL 113 dan memberikan informasi mengenai penanganan damkar tidak dipungut biaya,” kata petugas.
(Aak)