BOGOR, TEROPONGMEDIA.ID — Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang mempertimbangkan teknologi Nmax Turbo diwariskan juga di Aerox.
Hal tersebut disampaikan oleh Deputy General Manager Marketing Communication YIMM, Antonius Widiantoro, yang menyebutkan bahwa langkah ini akan diambil jika ada permintaan dari konsumen.
Pertimbangan Teknologi Nmax Turbo Ada di Aerox
BACA JUGA: Dashyat! 1.000 Unit Yahama NMax Turbo Ludes dalam 40 Menit
Saat ini, YIMM masih fokus pada model Nmax Turbo yang baru saja meluncur pada12 Juni 2024. Antonius menjelaskan bahwa pengembangan produk motor tidak hanya berdasarkan keinginan perusahaan, tetapi juga berdasarkan masukan dari konsumen yang menginginkan akselerasi maksimal pada motor mereka.
“Kita fokus ke Nmax dahulu karena ini cukup viral, jadi saya pikir teknologi berkembang terus. Kita mau lihat responsnya seperti apa, ternyata diterima dengan positif,” ujar Antonius di dealer Yamaha Cibinong, Jawa Barat.
Cara Kerja Teknologi Turbo
Nmax Turbo 2024 dilengkapi dengan teknologi transmisi baru, yaitu Yamaha Electric CVT (YECVT), yang disebut sebagai Turbo. Teknologi ini menggunakan motor listrik untuk menggerakkan v-belt, sehingga tidak lagi menggunakan roller pada pulley primer. Sistem kerja Turbo pada Nmax berbeda dengan turbo konvensional yang mengompresi udara.
Turbo pada Nmax menggunakan Transmission Control Unit (TCU) atau dinamo yang menggantikan cara kerja roller. Ini merupakan inovasi signifikan dalam teknologi transmisi skuter matik, memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan responsif.
Aerox Connected, yang terakhir kali mendapat penyegaran pada 2020, dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,1 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Aerox 2020 juga mengalami peningkatan pada desain dan fitur, termasuk peningkatan kapasitas BBM, CD Speedometer baru, handlebar switch control, dermaga pengisian gawai 12 volt, Stop Start System, Smart Motor Generator, dan lampu hazard. Varian tertinggi Aerox dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) 1-channel, suspensi belakang dengan tabung, dan teknologi Smart Key alias keyless dengan Answer Back System.
Jika ada permintaan yang signifikan untuk teknologi turbo pada Aerox, YIMM akan mempertimbangkan untuk menerapkannya. Keberhasilan Nmax Turbo memberikan gambaran positif bahwa pasar siap menerima inovasi ini.
Dengan keberhasilan Nmax Turbo yang mendapatkan respons positif dari pasar, YIMM melihat potensi besar untuk mengembangkan teknologi turbo pada model skutik lainnya, termasuk Aerox.
(Saepul/Usk)