Strategi Komunikasi UMKM Tradisional di Era Digital: Studi Kasus Toko Sembako Lisda

Editor: usamah

Strategi Komunikasi UMKM Tradisional di Era Digital: Studi Kasus Toko Sembako Lisda
Strategi Komunikasi UMKM Tradisional di Era Digital: Studi Kasus Toko Sembako Lisda (Mahasiswa INABA)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA. ID — Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor tradisional ulai menggunakan metode komunikasi terkini untuk mempertahankan dan berkembang di tengah pesatnya transformasi digital. Toko Sembako Lisda di Cidadap Girang, Bandung, Jawa Barat, adalah salah satu contohnya.

“Awalnya saya hanya jualan kecil-kecilan. Sekarang alhamdulillah sudah ada sembako lengkap,termasuk minyak, telur, sabun, bahkan sayuran segar,” kata Lilis Suryani saat diwawancarai pada 21 Mei 2025.

Lilis mulai menggunakan pendekatan yang lebih adaptif untuk menghadapi tantangan zaman, terutama sejak pandemi COVID-19. Dia mulai menggunakan WhatsApp sebagai alat utama komunikasi dengan pelanggan, meskipun dia tidak secara langsung menggunakan media sosial.

“Sekarang saya dibantu anak saya. Kami pasang informasi lewat status WhastApp, supaya orang tahu kalau toko kami juga bisa antar pesanan,” katanya.

Baca Juga:

Universitas INABA Sambut Meriah Roadshow Suar Mahasiswa Awards 2025

Teropong Media dan INABA Sepakati Kerja Sama Melalui Penandatanganan MoU

Langkah sederhana ini terbukti efektif dalam menjangkau pelanggan. Meskipun teknologi menjadi bagian dari strategi, prinsip komunikasi seperti kejujuran dan keterbukaan tetap relevan kenaikan. Menurutnya, jujur sangat penting untuk membuat pelanggan sadar.

“Toko ini bukan cuman buat jualan, tapi buat bantu masyarakat. Kalau kita ramah dan dipercaya,
pelanggan pasti balik lagi,” kata Lilis


Toko Sembako Lisda adalah bukti nyata bahwa UMKM tradisional dapat berkembang denganstrategi komunikasi yang efektif, bahkan dengan teknologi sederhana. Pendekatan manusiawiseperti kejujuran, kedekatan, dan pelayanan terus menjadi kekuatan utama UMKM Indonesia di dunia yang semakin digital.

Penulis:

Universitas Indonesia Membangun, Prodi : Ilmu Komunikasi
Fadel Muhammad Muzzaqi

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Lembaga paling dipercaya
Hasil Survei: Presiden dan TNI Jadi Lembaga Paling Dipercaya
Sekolah Swasta
Hasan Hasbi Ungkap Pemerintah Masih Kaji Putusan MK Gratiskan Sekolah Swasta
EVOS Esports
EVOS Esports dan CBN Fiber Resmi Lanjutkan Kerjasama Strategis
Kanwil DJP Jawa Barat II - APBN Jawa Barat
Hingga April 2025, APBN Jawa Barat Surplus Rp8,36 Triliun
Impor Singkong
Sejahterakan Petani, Wamentan Pastikan Larangan Impor Singkong
Berita Lainnya

1

Ratusan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Raih Inspirasi Baru di Acara Creative Workshop JNE

2

Tok! Tidak Hanya SD-SMP Negeri, MK Perintahkan Negara Gratiskan Sekolah Swasta

3

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

4

RUPTL PLN 2025–2034, Targetkan Investasi Rp2.967 Triliun dan 1,7 Juta Lapangan Kerja

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Chelsea
Link Live Streaming Real Betis vs Chelsea Final UEFA Conference League 2024/25 Selain Yalla Shoot
Jam malam Dedi Mulyadi
Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Aturan Jam Malam Bagi Siswa Disahkan KDM 
Manchester United Kakang Rudianto
Jelang Hadapi Manchester United, Kakang Rudianto Ingin Tampil Maksimal
Satpol PP Amankan 17 Orang Asusila dan 213 Botol Minol Disita
Satpol PP Amankan 17 Orang dan 213 Botol Minol Disita

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.