Strategi Komunikasi dan Public Relations dalam Membangun Citra Positif UMKM: Studi Kasus Depot Isi Ulang Air

Editor: usamah

Strategi Komunikasi dan Public Relations dalam Membangun Citra Positif UMKM: Studi Kasus Depot Isi Ulang Air
Ilustrasi-Depot Isi Ulang Air (bing)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — UMKM memainkan perang yang sangat penting dalam mendukung perekonomian negara, tetapi menjadi tantangan terbesar yang harus dihadapi bagaimana membangun dan
memepertahankan reputasi dan citra yang baik di mata konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berkomunikasi yang di terapkan oleh depot air Raffa dalam menciptakan reputasi dan citra bisnis melaluin wawancara langsung dengan owner, staff, maupun konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa konsistensi penting dalam kualitas produk. Penelitian ini merekomendasikan agar mereka lebih aktif dalam menjalankan komunikasi, termasuk pemanfaatan media sosial guna meningkatkan jangkauan mereka.


Pendahuluan


Dalam menghadapi persaingan yang sengit, UMKM tidak hanya mengandalkan kualitas roduk, tetapi perlu juga membangun reputasi dan citra yang baik agar tetap menarik dan konsumen tetap percaya. Depot Air Raffa sebagai salah satu UMKM di sektor pengisian ulang air minum, menjadi contoh yang menarik tentang bagaimana komunikasi dan pelayanan berfungsi untuk membangun pandangan positif pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki lebih lanjut tentang strategi komunikasi dan upaya pelayanan yang diterapkan oleh depot air ini dalam mempertahankan kepercayaan serta kesetiaan konsumennya.

Baca Juga:

Universitas INABA Sambut Meriah Roadshow Suar Mahasiswa Awards 2025

Teropong Media dan INABA Sepakati Kerja Sama Melalui Penandatanganan MoU


Metodologi


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metodi wawancara mendalam. Data ini diperoleh Saldi Muhamad Satria sebagai pewawancara pada tanggal 14 Mei 2025 di Depot Air Raffa,Jl. Raya Banjaran No.500. Dengan narasumber Dede Winarya(owner), Riyad(Staff), Rusyid(Konsumen).


Pembahasan


Depot Air Raffa membangun citra dan reputasi yang positif melalui penerapan strategi yang berfokus pada kualitas produk, pelayanan pelanggan, kontribusi sosial, dan komunikasi personal. Dengan menjaga kualitas air melalui penggunaan air bersertifikat dan pengujian laboratorium rutin, serta perawatan peralatan yang konsisten, Depot Air Raffa menunjukkan komitmen terhadap keandalan dan jaminan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan yang responsif dan humanis ditunjukkan oleh staf yang profesional dalam menangani keluhan, mematuhi etika pelayanan, dan bekerja dalam tim, mencerminkan kecepatan tanggap dan perhatian
terhadap kebutuhan pelanggan.

Kontribusi sosial berupa pemberian air secara gratis untuk pengajian dan masjid mencerminkan kepedulian sosial yang tinggi, memperkuat citra positif perusahaan di mata masyarakat, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Meskipun belum memanfaatkan media sosial, interaksi langsung dengan pelanggan menjadi kekuatan utama dalammembangun loyalitas, mencerminkan pendekatan yang menarik pelanggan melalui hubungan yang
erat dan komunikasi yang efektif. Secara keseluruhan, strategi-strategi ini mencerminkan prinsip prinsip Total Quality Management (TQM), yang menekankan pentingnya kualitas pelayanan, komunikasi yang efektif, dan kontribusi sosial dalam. membangun reputasi perusahaan yang kuat.


Kesimpulan


Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Depot Air Raffa menunjukkan bahwa UMKM dapat membangun dan mempertahankan reputasi positif melalui pendekatan yang terstruktur dan berorientasi pada kualitas. Dengan menjaga kualitas produk melalui sertifikasi dan pengujian rutin, memberikan pelayanan yang responsif dan humanis, serta berkontribusi secara sosial kepada komunitas, Depot Air Raffa berhasil menciptakan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.


Meskipun belum memanfaatkan media sosial secara aktif, interaksi langsung dengan pelanggan tetap menjadi kekuatan utama dalam membangun hubungan yang erat. Dengan demikian, strategi komunikasi yang menekankan pentingnya kualitas pelayanan, komunikasi yang efektif, dan kontribusi sosial dalam membangun reputasi perusahaan yang kuat. Dengan demikian, strategi komunikasi yang efektif dan berkelanjutan menjadi kunci bagi UMKM dalam menghadapi persaingan dan membangun citra positif di mata konsumen.

Penulis:

Saldi Muhamad Satria

Moch. Aqmal Maulana,

Zakki Asshibithi

Dabbas

Rakhisa Rizky Dinnur Rahman

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
HPE Konsentrat Tembaga
Harga Ekspor Konsentrat Tembaga Naik Tipis di Juni 2025, Kemendag Soroti Dinamika Pasar Global
Suzuki Fronx
Suzuki Fronx Sapa Pasar, Paling Murah Ketimbang Raize dkk?
BMW M4 Whoosh
BMW M4 Unjuk Kebolehan Kejar Whoosh di Tol MBZ, Diroasting Netizen!
bpkb elektronik
BPKB Elektronik Terbit, Ini Fitur dan Kelebihannya
Anak pukul ibu
Anak Ogah Dinasehati hingga Pukul Wajah Ibu, Netizen: Malin Kundang Melongo!
Berita Lainnya

1

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Kabupaten Bandung

2

Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Longsor Gunung Kuda Cirebon, 4 Orang Meninggal

3

Longsor Terjadi di Kawasan Tambang Gunung Kuda Cirebon, Korban Tertimbun

4

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!

5

Ada Konten Judol-Pornografi, Kemkomdigi Blokir Archive.org
Headline
4 Penambang Emas Tewas Tertimbun Longsor di Kalimantan, Begini Respon ESDM
Korban Tewas Longsor Tambang Gunung Kuda Jadi 14 Orang, 8 Masih dalam Pencarian
Pelajar Sukabumi Tenggelam
Diduga Terpeleset, Pelajar SMP di Sukabumi Ditemukan Tewas di Sungai Cimandiri
longsor Gunung Kuda Cirebon
Lokasi Tambang Gunung Kuda Cirebon Masuk Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Tinggi
Longsor Gunung Kuda Cirebon
Update, Korban Tewas Longsor Gunung Kuda Cirebon Bertambah Jadi 10 Orang

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.