JAKARTA,TM.ID: Federasi sepakbola Indonesia, PSSI berkolaborasi dengan Erigo melalui ikatan kerja sama secara resmi untuk kesiapan sportwear, terutama jersey Timnas Indonesia.
Bekerjasama dengan Erigo sebagai penyedia apparel merupakan yang pertama kali. Erigo merupakan perusahaan lokal yang berhasil kerjasama dengan PSSI melalui proses tender.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, jalinan kerjasama dengan Erigo melalui proses yang transparan, di mana proses tendernya ini hampir diikuti oleh 20 brand.
“Ini pertama kali karena memang kita dorong PSSI bukan hanya untuk meningkatkan value PSSI dan sponsor, tetapi juga transparansi,” tegas Erick, dikutip dari laman PSSI, Senin (22/1/2024).
Erick menjelaskan, nilai kontrak kerjasamanya sebesar Rp16,5 miliar dengan cash Rp5 miliar.
“Dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah selama ini,” kata Erick.
Dengan tagline PSSI x ERIGO Sport “Moving Forward Into The Golden Era” ia berharap kembali ke era kejayaan Timnas Indonesia di masa yang akan datang.
Inisiasi kegiatan kesepakatan kerjasama ini bertempat di Ganara Art, FX Sudirman, Senin (22/1). Perusahaan sportwear Erigo siap menyuplai kebutuhan timnas Indonesia untuk dua musim ke depan.
BACA JUGA:Respon Waketum PSSI Soal Target Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Kata Erick, kerja sama tersebut melahirkan produk dengan brand Erspo, yang sekaligus juga mendorong agar brand lokal mendunia.
Menurutnya, saat ini merupakan era baru, golden era, yang tidak hanya kita mendorong Timnas Indonesia bisa mempersaipkan diri dengan baik.
Terlebih, beberapa waktu lalu Timnas Indonesia menjalani training center di Turki untuk persiapan U-20.
“Kita juga membuka bagaimana brand lokal bisa mendunia. Kita coba mendorong brand-brand lokal yang banyak didorong generasi muda dunia, menjadi ekosistem yang saling menguntungkan dengan sepak bola Indonesia,” kata Erick Thohir.
Dalam kesempatan itu, CEO Erigo Muhammad Sadad menyampaikan terimakasihnya kepada PSSI dan Erick Thohir yang telah mempercayai Erspo. Secara resmi, Erigo memperkenalkan brand baru bernama Erspo sebagai bentuk keseriusan di industri sportswear.
“Proses ini sebenarnya, seperti dibagikan Pak Erick, tidak sebentar. Kami ada proeses bidding, kami tunjukkan kita ke depan, visi kami ke depan,” kata Sadad.
Pihaknya juga telah menarik beberapa orang yang berkompeten di industri untuk memperkuat SDM dalam menjalankan proyek Erspo ini.
“Kami juga tarik satu mantan pemain timnas U-23, ada desainer juga. Ini proyek benar-benar kolaborasi karena kami ingin mengajak orang-orang dari industri bahwa Garuda memanggil,” terang Sadad.
(Aak)