BANDUNG,TM.ID: Unggahan salah satu pengguna Instagram, yang memperlihatkan Dunkin Donut dengan toping simbol bendera Israel menjadi viral.
Diketahui, foto tersebut diunggah oleh akun Instagram @kalanitl, yang mana adalah warga Israel Dalam unggahanya memperlihatkan remaja laki-laki yang memegang boks donut dari merk itu.
Isi dalam boks itu, diantaranya ada donut dengan motif topping simbol bendera negara Israel. Unggahannya itu banyak dibagagikan dan ramai menuai reaksi komentar netizen.
BACA JUGA: Viral! Dunkin Donut Toping Bendera Israel, Netizen: Bentar Lagi Bangkrut!
Sontak, netizen pun tak jarang banyak yang menggaungkan boikot kepada Dunkin Donut lantaran diduga mendukung Israel.
Sejarah Dunkin Donut
Terlepas dari itu, Dunkin Donut awalnya adalah restoran dan kopi di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat.
Melansir beberapa sumber, pada tahun 1950 dengan nama awalan Kettle didirikan oleh William Rosenberg, membuat keputusan besar dengan mengubah nama gerai tersebut menjadi Dunkin Donut. Inilah awal dari perjalanan mengagumkan yang membawa Dunkin’ Donut menjadi salah satu waralaba terkemuka di dunia kuliner.
Berkembang Pesat dalam 10 Tahun Pertama
Waralaba Dunkin’ Donut merilis outlet pertamanya pada tahun 1955, dan dalam kurun waktu 10 tahun, telah tumbuh pesat dengan 100 gerai tersebar. Puncaknya terjadi pada tahun 1972 ketika Dunkin Donut meluncurkan menu andalan mereka yang ikonik, Munchkins. Munchkins adalah donat tanpa lubang tengah, namun diisi dengan berbagai selai yang menggugah selera.
Seiring berjalannya waktu, Dunkin’ Donut tidak hanya terpaku pada donat dan kopi. Saat ini, waralaba ini telah membuka lebih dari 12.000 gerai di sekitar 45 negara. Melalui inovasi menu, Dunkin Donut memperkenalkan beragam makanan dan minuman, termasuk sandwich, croissant, dan flatbread. Uniknya, setiap negara tempat Dunkin’ Donut beroperasi memiliki menu khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.
Tidak hanya terkenal dengan donatnya, Dunkin Donut juga membanggakan kualitas kopi mereka. Menurut Brand Keys, perusahaan riset brand, Dunkin Donut berhasil mempertahankan kesetiaan pelanggan atas kualitas kopinya selama 10 tahun berturut-turut. Dengan penjualan lebih kurang 1,9 miliar gelas kopi setiap tahun, Dunkin Donut memang menjadi destinasi utama bagi para pecinta kopi.
Dunkin Donut menawarkan pilihan kopi yang beragam, mencakup varian seperti Hazelnut, French Vanilla, dan Pumpkin yang hadir pada waktu tertentu. Keberagaman ini memberikan pengalaman unik bagi para pelanggan, membuat Dunkin Donut menjadi tempat favorit bagi mereka yang menghargai kelezatan kopi berkualitas.
Dunkin Donut, dengan sejarah panjangnya, bukan hanya sekadar waralaba donat. Ekspansinya yang pesat, menu inovatif, dan fokus pada kualitas kopi membuatnya tetap relevan di pasar kuliner global.
(Saepul/Usk)