JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Yamaha Gear Ultima Hybrid melengkapi pilihan sepeda motor Yamaha bertenaga hibrida di Indonesia.
Secara teknis, matic hybrid ini tetap menggunakan perpaduan antara Smart Motor Generator (SMG) dan fitur power assist, dengan tambahan fitur start stop system yang tersedia di varian tipe S.
Teknologi semi hybrid ini akan memberkan tenaga tambahan ketika motor mulai berjalan dari kondisi diam, sehingga lebih hemat bahan bakar namun tetap bertenaga.
Power assist diklaim menambah torsi hingga 7 persen, menjadikan akselerasi awal lebih halus, terutama saat menghadapi kondisi jalanan macet atau stop and go.
Gear Ultima Hybrid memiliki rasio kompresi 11:1 dan volume silinder 124,86cc. Meski tenaga maksimalnya hanya 8,3 dk pada 6.500 rpm, tetapi torsi puncaknya mencapai 10,6 Nm pada 4.500 rpm, yang menjadikan motor ini cukup bertenaga untuk kebutuhan harian.
Sistem Semi Hibrida di Yamha Fear Ultima Hybrid
Melansir berbagai sumber Smart Motor Generator dalam sistem ini tidak hanya berfungsi untuk menyalakan mesin seperti pada motor konvensional, tetapi juga mendukung sistem hybrid dengan mengalirkan daya dari aki untuk membantu putaran mesin (poros engkol) di awal akselerasi.
Fitur ini bekerja saat putaran mesin mencapai sekitar 1.300 rpm dan akan otomatis berhenti setelah tiga detik atau ketika putaran mesin mencapai 5.500 rpm.
Agar power assist dapat berfungsi secara optimal, beberapa kondisi harus terpenuhi, seperti posisi throttle harus dalam keadaan tertutup (nol derajat), dan putaran mesin berada mendekati idling.
BACA JUGA:
Yamaha Cygnus Gryphus Terbaru, Tekankan Keiritan BBM!
Ariel Ganti Knalpot Honda CT125, Harga Bukan untuk Kaum Mendang-mending!
Setelah throttle dibuka dengan sudut lebih dari 20 derajat, barulah sistem power assist aktif untuk memberikan dorongan torsi tambahan.
Penting untuk Pengguna
Namun, ada catatan penting bagi pengendara. Ketika fitur start stop engine diaktifkan, sistem hybrid, khususnya power assist, tidak akan berfungsi.
Ini karena fitur start stop memerlukan daya listrik besar untuk kembali menghidupkan mesin, sehingga sistem hybrid akan otomatis nonaktif jika daya aki turun di bawah 12 volt.
Dengan penerapan teknologi semi hybrid ini, Yamaha Gear Ultima Hybrid diharapkan menjadi pilihan ideal bagi pengguna harian yang menginginkan motor hemat bahan bakar namun tetap responsif, terutama untuk mobilitas di area perkotaan yang padat dan dinamis.
(Saepul)