BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Ketika semua berbicara digitalisasi, Persib Bandung justru mendobraknya. Hingar bingar dan gemuruh perkenalan pemain baru di dunia maya, menjadikan Persib Bandung semakin bernafsu membuat hal baru.
Memanfaatkan surat kabar atau koran di era digital, menjadi langkah berani. Sebab katanya, media cetak sudah tidak dibaca generasi kekinian, tapi Persib sukses mematahkan stigma tersebut.
Lewat perkenalan dua pemain baru, Julio Cesar dan Alfeandra Dewangga diumumkan oleh salah satu media tertua di Indonesia, yakni Pikiran Rakyat pada edisi Kamis, 26 Juni 2025.
Strategi komunikasi ini merupakan lanjutan dari inovasi yang sudah dilakukan. Sebelumnya, Persib memperkenalkan para pemainnya melalui videotron, brosur/flyer, dan mobile videotron.
Penggunaan medium koran untuk mengumumkan pemain baru ini bukan tanpa alasan. Adhi Pratama, Head of Communications PT Persib Bandung Bermartabat menjelaskan, langkah ini diambil demi menjaga hubungan dengan publik.
“Format satu halaman penuh ini menjangkau segmen audiens yang loyal, khususnya kalangan dewasa dan pembaca setia koran. Nilai sentimentalnya juga kuat, bisa di-kliping, disimpan, dan didokumentasikan sebagai bagian dari sejarah yang bisa dikenang di kemudian hari,” jelas Adhi.
Baca Juga:
Sempat Diisukan Gabung Persib, Rifky Dwi Septiawan Akhirnya Tentukan Masa Depan
Persib Siapkan Surat PHK Untuk Seluruh Striker di Liga 1 Lewat Alfeandra Dewangga
Lebih dari sekadar menyampaikan informasi, Adhi melihat, pengumuman pemain baru sebagai bagian dari pengalaman baru yang harus dikemas secara spesial.
“Kami tidak ingin menjadikan momen ini sekadar rutinitas tahunan, tetapi sebagai bagian dari perjalanan emosional dan kebanggaan bersama Bobotoh,” lanjutnya.
Strategi penggunaan berbagai medium unik dan menarik merupakan bagian dari positioning Persib sebagai klub sepakbola modern yang adaptif, kreatif, dan dekat dengan tren budaya populer.
Pendekatan ini menciptakan kejutan, membangun rasa penasaran, dan membuka ruang untuk keterlibatan Bobotoh di berbagai platform, baik offline maupun online.
“Kami ingin setiap pengumuman pemain baru bukan hanya menyampaikan kabar, tapi menjadi pengalaman. Ini tentang menciptakan momen, bukan hanya momentum. Karena bagi kami, setiap rekrutan adalah bagian dari cerita besar yang kita bangun bersama Bobotoh,” ujar Adhi. (RF/_Usk)