Perbandingan Baterai Nikel vs LFP, Mana yang Paling Kuat?

baterai nikel lfp
Ilustrasi (iStock)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Baterai nikel dan Lithium iron-phosphate (LFP)sempat menjadi perbincangan dalam sesi Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) keempat beberapa hari lalu.

Cawapres  nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyinggung Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tentang bahan baku kendaraan listrik.

Perbandingan Baterai Nikel dan LFP

baterai LFP Gibran
Ilustrasi (iStock)

BACA JUGA: Jadi Perdebatan Gibran dan Cak Imin, Ini 3 Mobil Listrik yang Gunakan Baterai LFP

Lantas, mana yang menyimpan potensi terbaik untuk kendaraan listrik? Di Indonesia, potensi nikel sangatlah besar. Namun, tren mobil listrik saat ini memilih baterai LFP ketimbang nikel.

Produsen mobil listrik, seperti Tesla dan Ford Motor di Amerika Serikat, mulai beralih ke baterai LFP) Mereka melihat LFP sebagai solusi yang lebih ekonomis dibandingkan dengan paket listrik lainnya

Memuat Bloomberg, komponen utama dalam baterai lithium-ion yang menggerakkan kendaraan listrik adalah katoda. Katoda menentukan jumlah energi yang dapat ditampung dan kecepatan pengisian baterai.

Dimulai dari baterai LFP, memiliki keunggulan biaya produksi yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh ketersediaan bijih besi yang melimpah dan biaya ekstraksi yang lebih rendah dibandingkan dengan nikel dan kobalt. Bijih besi juga lebih aman karena tidak mudah terbakar.

Kelebihan lain dari jenis ini adalah keamanannya. Baterai jenis ini tidak mudah meledak dan dianggap lebih aman daripada baterai berbasis nikel. Bahkan jika baterai LFP bocor atau rusak, mereka tidak akan menggelembung atau mengeluarkan cairan berbahaya.

Namun, bijih besi memiliki keterbatasan dalam menyimpan energi dalam ruang yang sama dibandingkan dengan nikel. Oleh karena itu, baterai LFP perlu lebih besar dan lebih berat untuk mencapai jangkauan dan kinerja setara dengan baterai nikel.

Sedangkan baterai berbasis nikel memiliki kelemahan terkait temperatur. Penggunaan nikel dapat membuat mobil listrik lebih rentan terhadap risiko kebakaran. Selain itu, masa pakai baterai nikel lebih pendek, berkisar antara 1.000 hingga 1.500 siklus. Dalam penggunaan harian, baterai nikel hanya bertahan sekitar lima tahun.

Mana Pemenangnya?

Dalam memilih baterai untuk mobil listrik, produsen harus mempertimbangkan berbagai faktor. Baterai LFP menawarkan solusi hemat biaya dan keamanan, sementara baterai nikel memiliki keunggulan pada kapasitas energi.

 

(Saepul/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Hobi mengupil
Hobi Ngupil Bisa Berisiko?
Jonatan Christie
Takluk dari Antonsen, Jonatan Christie Runner-Up China Masters 2024
Dapat Gelar Man Of The Match Hingga Pimpin Viking Clap
Dapat Gelar Man Of The Match Hingga Pimpin Viking Clap, Kevin Mendoza Sampaikan Isi Hatinya
Mateo Kocijan absen
Dapat 4 Kartu Kuning, Mateo Kocijan Terpaksa Absen 1 Pertandingan
C2ED7629-D0C4-40F7-ADC5-E2406CEE1D5A
Gunung Dempo Meletus, Jalur Evakuasi Warga Disiapkan
Berita Lainnya

1

7 Fakta Penting Pernikahan Nissa Sabyan dan Ayus yang Menghebohkan Publik

2

Password Wifi MCD Terbaru 2024!

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Hampir Mirip, Ini Perbedaan Gejala Herpes dan Gigitan Tomcat

5

Survei Polsight: Haru-Dhani Unggul Menjelang Hari H Pencoblosan
Headline
Verstappen Masuk Daftar Legenda Formula 1
Raih Gelar Juara Dunia, Verstappen Masuk Daftar Legenda Formula 1
Bojan Hodak Singgung Kerasnya Lapangan Stadion GBLA
Dedi Kusnandar Mengalami Cedera, Bojan Hodak Singgung Kerasnya Lapangan Stadion GBLA
Gubernur Bengkulu Ikut Terjaring OTT KPK
Gubernur Bengkulu Ikut Terjaring OTT KPK
Ini Alasan Persib Memarkir David da Silva
Dan Terjadi Lagi, Ini Alasan Persib Memarkir David da Silva