BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Prestasi membanggakan Persib Bandung tak hanya memberikan dampak terhadap pendukungnya sendiri. Lebih dari itu, dampaknya jauh lebih luas hingga terasa bagi pelaku UMKM, seperti Erwin Ramdani.
Pesepakbola asal Bandung yang juga merupakan pemilik brand Infini Apparel itu merasa prestasi Persib berdampak besar terhadap bisnisnya. Sejak memasuki babak Final Championship Series Liga 1, permintaan jersey bertema Persib terus meningkat.
Seperti halnya 4 katalog edisi champion yang sengaja dibuat jauh sebelum Final Leg Pertama digelar di Bandung. Erwin menerangkan, pembuatan 4 katalog bertema juara memang sengaja dibuat lebih dulu karena ia yakin Persib bisa meraih juara.
Bukan berarti takabur dan ingin memanfaatkan momentum, namun ia merasa 4 katalog ini menjadi simbol harapan besar bagi warga Bandung agar Persib meraih juara. Justru, Infini meluncurkan 4 katalog tersebut hanya ingin memfasilitasi Bobotoh agar terlihat lebih trendi saat menyambut kedatangan tim Persib.
“Ya sebenarnya ini jersey edisi champion yang sedang booming, kita bukan bermaksud memanfaatkan momen juga tapi kita juga berpartisipasi di saat prestasi Persib sedang bagus-bagusnya ya kita memfasilitasi Bobotoh yang ingin memakai baju Infini seperti momen konvoi kemarin,” terang Erwin kepada awak media.
Erwin Ramdani juga terkejut ketika melihat laporan pemasukan dari bisnisnya. Padahal sebelumnya, ia hanya menyediakan 100 pcs per-katalog dan habis hanya hitungan beberapa hari saja.
Lebih anehnya lagi sebelumnya, bisnisnya tersebut hanya terfokus kepada jersey fantasi dengan konsep klasik. Namun saat ia meluncurkan tshirt, penjualannya pun tak berhenti. Sampai pertandingan leg kedua Final, ia masih harus melayani pembeli.
“1000 mah sih ada. Kemarin juga yang jersey, kita cuman produksi 100 pcs, itu pun langsung habis. Kalau jersey kan jangka produksinya lumayan, kalau tshirt bisa antisipasi demgan cepat lah. Yang tshirt juga di luar ekspektasi juga,” tambah eks pemain Persib dan PSMS Medan tersebut.
Bahkan menariknya lagi di hari H Final Leg Kedua dan hari perayaan pawai juara, ia dibuat terkejut karena sudah banyak pembeli yang menunggu di depan tokonya. Padahal saat itu, 4 katalog tersebut masih dalam perjalanan, dan sesaat setelah tiba langsung ludes terjual.
BACA JUGA: Persib Siap Kelola GBLA 30 Tahun ke Depan dan Hapus Sistem Tiket Gelang
“Ke katalog katalog lain juga jadi ikut keangkat sih, yang berbau Persib, yang biru biru lah, kan kita emang ada yang beraroma Persib-nya kaya Forever Blue, Blur, tapi kita bukan ke Persib aja, tapi kebetulan aja apparel kita di Bandung, jadi kita lebih fokus ke Persib,” ujar kapten RANS Nusantara FC tersebut.
Erwin menilai, prestasi Persib cukup meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Bahkan di tokonya pun, Erwin bekerjasama dengan beberapa brand lain seperti Bandung Belong To Us dan Loyak Lads Club, mereka juga sampai kehabisan stok baju bertema Persib.
“Hari Jumat antusias Bobotoh sangat besar datang ke toko sampai antre dari jam 10, Sabtu juga sama sampai antre. Bahkan ada yang sengaja datang dari Purwakarta katanya istrinya ngidam pengen baju Champions yang putih.” tutup Erwin.
(RF/Usk)