BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Persaingan skutik bongsor 150 cc semakin memanas dengan kedatangan Yamaha Nmax Turbo. Dalam segmen ini, Nmax Turbo akan menghadapi Honda PCX 160.
Kedua skutic matic tersebut layakk komparasi dari sisi spesifikasi, desain, hingga harga. Lantas, mana yang akan menjadi terbaik untuk mengisi segmen 150cc skutic matic?
Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX
BACA JUGA: Nmax Turbo Cocok Pakai BBM Apa? Ini Anjurannya
Diawali dengan Nmax Turbo, hadir dengan desain baru yang lebih agresif dan modern. Skutik ini memiliki dimensi panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Berat kosongnya bervariasi, yakni 135 kg untuk varian Turbo Tech Max, 133 kg untuk varian Turbo, dan 130 kg untuk Neo.
Dari rivalnbya, PCX 160 memiliki desain yang elegan dengan garis-garis yang halus dan futuristik. Dimensi skutik ini adalah panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.108 mm. Berat kosongnya adalah 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg untuk tipe ABS.
Beralih pada dapur pacu, Nmax Turbo menggunakan mesin berkapasitas 155 cc dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang dikombinasikan dengan teknologi Blue Core. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 15 hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Skutik ini juga dilengkapi dengan dua mode berkendara, yaitu T mode untuk perjalanan perkotaan dan S mode untuk touring atau berkendara di jalan menanjak.
Sedangkan, untuk PCX 160 mengandalkan mesin eSP+ berkapasitas 156,9 cc SOHC, 4 katup, dan PGM-Fi. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 15,7 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesin eSP+ ini dikenal irit bahan bakar dan ramah lingkungan, menjadikannya pilihan yang baik untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jauh.
Dari sisi teknis keamanan dan kenyamanan, Nmax Turbo masih dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi ganda di bagian belakang. Sistem pengeremannya menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang, memberikan keamanan ekstra bagi pengendara.
Tak begitupun berbeda, PCX 160 juga menggunakan suspensi depan teleskopik dan suspensi ganda di bagian belakang. Sistem pengeremannya tersedia dalam dua pilihan, yaitu cakram hidrolik 3 pot Combined Brake System (CBS) dan cakram hidrolik 3 pot Anti Lock Brake System (ABS), yang menawarkan performa pengereman yang optimal.
Berbicara fitur, Yamaha Nmax Turbo lengkap dengan berbagai fitur canggih seperti Yamaha Electric CVT (YECVT), teknologi Blue Core, dan dua mode berkendara. Selain itu, skutik ini juga mengandalkan sistem penerangan lampu LED, panel instrumen digital, dan sistem kunci pintar yang memudahkan pengendara.
Sementara itu, Honda PCX 160 tidak kalah canggih dengan fitur-fitur seperti sistem keyless, panel instrumen digital, dan lampu LED. Selain itu, PCX 160 juga memiliki fitur Idling Stop System (ISS) yang membantu mengefisienkan BBM saat hendak berhenti sejenak.
Harga
Varian dan harga Nmax Turbo
- Nmax Turbo Standar: Rp 32,7 juta
- Nmax S Version: Rp 33,7 juta
- Nmax Turbo: Rp 37,75 juta
- Nmax Turbo Tech Max: Rp 43,25 juta
- Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 45,25 juta
Adapun PCX 160, varian dan harganya berikut ini:
- PCX 160 CBS: Rp 33,3 juta
- PCX 160 ABS: Rp 36,8 juta
Kedua skutic matic ini memiliki keunggulan masing-masing yang bisa memenuhi kebutuhan anda. Nmax Turbo unggul dalam teknologi YECVT dan mode berkendara yang lebih variatif. Sedangkan, PCX 160 menawarkan performa mesin yang sedikit lebih tinggi dan fitur Idling Stop System (ISS) untuk efisiensi bahan bakar.
(Saepul/