BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Anggota Komisi X DPR Sofyan Tan mengingatkan Pemerintah untuk tidak ganti kurikulum pendidikan, menyusul ada isu akan digantinya Kurikulum Merdeka usai pergantian rezim pemerintahan.
“Wajar apabila masyarakat merasa resah dengan isu pergantian perubahan kurikulum, karena anak-anak juga baru mulai terbiasa dengan Kurikulum Merdeka. Termasuk orangtuanya yang juga pasti ikut beradaptasi untuk berbagai kebutuhan anak,” ucap Sofyan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (8/11/2024).
Persoalan isu perubahan kurikulum ini, juga sempat disinggung Sofyan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti.
Ia meminta Pemerintah mempertimbangkan berbagai faktor soal kebijakan kurikulum pendidikan di sekolah, mengingat Mendikdasmen Abdul Mu’ti menyatakan masih akan melakukan evaluasi di awal masa kerjanya ini.
“Makanya kemarin saya bilang waktu rapat sama Pak Menteri, jangan muncul cameo (pameo) setiap pergantian menteri lantas penggantian kebijakan maupun kurikulum,” tegasnya.
“Pergantian kurikulum akan akan mempengaruhi lebih dari 3 juta guru. Kasihan, mereka harus harus kembali belajar dan adaptasi terhadap kurikulum baru. Padahal yang kemarin saja mereka juga sudah kesulitan,” sambungnya.
Dirinya menilai, Pemerintah semestinya melakukan penyesuaian terhadap kebijakan yang sudah ada, termasuk dalam hal kurikulum. Tetapi bukan berarti semua harus diubah total.
“Adjust saja. Hal-hal yang baik harus diteruskan atau dilanjutkan. Yang masih kurang diperbaiki. Saya percaya perubahan itu penting, tapi ya bukan berarti harus terus melakukan perubahan karena dampaknya sangat signifikan,” tuturnya.
Selain itu, perubahan kurikulum juga akan berpengaruh terhadap keadilan layanan pendidikan di Indonesia. Sofyan mengatakan, hal tersebut menyangkut kesiapan setiap sekolah yang berbeda.
“Kita tidak bisa menutup mata, akses kualitas dan infrastruktur pendidikan belum merata di Indonesia. Bayangkan kalau yang di daerah yang akses pendidikannya belum memadai, harus memulai sesuatu hal baru lagi. Saya rasa akan sangat berat,” ungkap Sofyan.
BACA JUGA: Viral Guru Takut Tegur Siswa, Mendikdasmen: Ada UU yang Melindungi
Karena itu, ia khawatir perubahan kurikulum akan memperburuk kesenjangan pendidikan siswa. Belum lagi, menurutnya, perubahan kurikulum baru bisa berdampak terhadap psikologis anak didik.
“Daripada untuk pergantian kurikulum, lebih baik anggarannya untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan. Seperti peningkatan sarana/prasarana pendidikan di daerah-daerah yang masih jauh dari kata layak,” ujarnya.
Tak hanya itu, isu kesejahteraan guru juga harusnya menjadi perhatian utama pemerintah saat ini.
(Kaje/Usk)