BANDUNG,TM.ID: Kijang Super menjadi salah satu mobil legendaris dari Toyota yang hingga sekarang masih laris dan banyak dicari loh. Mobil ini diproduksi sebagai pengganti Kijang Kotak yang pertama kali rilis di tahun 1986.
Untuk masa produksinya sendiri sekitar 10 tahun, yang kemudian produksinya harus dihentikan setelah rilisnya Kijang Kapsul 1996.
Mobil ini, memang umurnya sudah sangat tua. Namun keberadaannya tetap menjadi buruan pecinta mobil bekas karena mesinnya yang bandel dan perawatannya yang mudah.
Dalam artikel kali ini, akan di bahas mengenai Spesifikasi kijang super yang masih banyak diminati.
BACA JUGA:Pikap Legendaris Kijang Buaya Masih Mengaspal
Berikut spesifikasinya
1. Mesin
Mobil ini memiliki mesin bertipe 5K yang kapasitasnya adalah 1.486 cc, SOHC, OHV, 4 silinder, dan juga Advance Super Response Engine. Mesin Toyota jenis ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 61,5 hp dengan perputaran mesin 5.600 rpm.
Sementara untuk torsi maksimalnya adalah 110,8 Nm untuk perputaran 2.800 rpm. Suspensi Dual Wishbone disematkan di bagian depan dan Leaf Spring pad bagian belakang yang membuatnya cukup handal dan mumpuni.
Sedangkan untuk sistem transmisi menggunakan transmisi manual 5 percepatan yang tujuannya adalah untuk memberi kenyamanan secara maksimal selama berkendara.
Anda dapat berkendara halus di jalan bebas hambatan dengan mesin ini. Tenaganya pun kuat untuk jalan menanjak, meski membawa kuatan yang cukup banyak.
2. Eksterior
Dimensi Toyota Kijang super dengan ukuran panjang 4.290 mm, lebar 1.620 mm, serta tinggi 1.775 mm. Sementara ground clearance atau jarak terendahnya ke tanah adalah 165 mm.
Dari segi bentuk, tampilannya sudah tidak lagi boxy atau kaku. Justru Anda akan melihat garis-garis bodi yang sengaja dibuat menyambung dari bagian depan sampai belakang. Terdapat pula perbaikan Aerodinamika pada Toyota ini. Nilai Cd (Coefficient of Drag) mengalami penurunan hingga 0,45.
Untuk bagian samping, mobil Toyota ini memiliki kode sasis KF50, serta bodi yang 20 cm lebih panjang dibandingkan Kijang dengan kode sasis KF 40.
Sebagai informasi, sasis Toyota Kijang ini hadir dalam model minibus atau bak terbuka.
Pintu penumpang di bagian belakang, Anda akan melihatnya di sebelah kiri. Anda akan menjumpai pintu belakang Kijang Super ini mengusung model swing yang berukuran tiga per empat dari lebar mobil tersebut.
Model desain pintunya dibuat membuka ke samping (swing) dengan ukuran yang tidak terlalu lebar.
3. Interior
Dasbor dari bahan plastik yang bentuknya menjadi lebih baik Dasbor ini memiliki warna coklat dan laci tertutup. Di bagian depan yang lengkap dengan mekanisme pengaturan reclining dan sliding. Hal ini membuat penggunanya menjadi lebih nyaman ketika berkendara.
Mobil super ini menjadi mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) dari Toyota. Kursi di bagian baris tengah dan belakangnya dapat dilipat, yang dapat memberikan keleluasaan pada kapasitas bagasi. Akan tetapi, kursi pada baris kedua tidak bisa pengguna atur keleluasaan sandarannya untuk rebahan.
4. Fitur
Dari segi fitur, Toyota Kijang Super cenderung kurang canggih. Seperti fitur AC (Air Conditioner) yang memberikan kenyamanan standar juga belum tersedia.
Keberadaan AC ini hanya opsional pada Kijang legendaris ini dan perlu Anda pasang jika menginginkannya.
Sebagai tambahan informasi, AC yang bisa Anda gunakan adalah merek Thermo King atau Denso, di mana blower utama bisa dipasang pada bagian bawah dasbor.
(Usamah)