BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Semakin ingin saingi TikTok, Instagram menghadirkan pembaruan untuk fitur Reels. Durasi Reels diperpanjang menjadi tiga menit, memberi ruang lebih luas bagi pengguna dalam berkreasi.
Head of Instagram, Adam Mosseri, langsung mengumumkan kabar pembaruan reels melalui akun Instagram-nya. Dalam unggahannya, Mosseri menjelaskan durasi Reels sebelumnya yang hanya 90 detik dianggap terlalu pendek bagi pengguna yang ingin menyampaikan cerita lebih panjang.
“Kami awalnya membatasi durasi Reels hingga 90 detik untuk menjaga fokus pada video pendek, namun kami menerima banyak masukan yang mengatakan durasi tersebut terlalu singkat,” ujar Mosseri, seperti dilaporkan Engadget pada Selasa (21/1/2025).
Bersaing di Tengah Polemik yang Dialami TikTok
Menariknya, pengumuman ini muncul hanya sehari sebelum TikTok sempat mengalami pemblokiran sementara di Amerika Serikat. Meskipun layanan TikTok kini sudah kembali normal, langkah Instagram ini dinilai sebagai strategi untuk memperkuat posisinya di pasar video pendek.
Langkah terbaru ini juga menunjukkan perubahan sikap Instagram. Sebelumnya, pada Juli 2024, Mosseri menyatakan Instagram tidak berencana memperpanjang durasi Reels demi menjaga identitas platform yang fokus menghubungkan pengguna dengan teman-temannya.
Instagram terakhir kali memperpanjang durasi Reels pada 2022, dari 60 detik menjadi 90 detik. Namun, meskipun ada pembaruan terbaru ini, Instagram masih tertinggal jauh dari TikTok yang telah memperpanjang durasi video menjadi tiga menit sejak 2020 dan bahkan hingga 10 menit pada 2022.
Uji Coba Durasi Lebih Panjang
Pada 2023, Instagram sebenarnya sudah menguji coba fitur Reels dengan durasi hingga 10 menit. Meski demikian, fitur ini tak kunjung dirilis. Sebagai alternatif, pengguna dapat mengunggah video hingga 10 menit, tetapi hanya dalam format non-Reels.
Durasi bukan satu-satunya perubahan yang dibuat Instagram untuk mendekati pengalaman TikTok. Baru-baru ini, platform milik Meta tersebut juga mengubah tampilan grid di profil pengguna dari bentuk persegi menjadi persegi panjang. Namun, pembaruan ini menuai protes dari sejumlah pengguna yang merasa perubahan tersebut kurang sesuai dengan identitas awal Instagram.
BACA JUGA: Tanpa Aplikasi Tambahan, Seperti Ini Cara Edit Reels Instagram!
Pembaruan durasi Reels yang diperpanjang menjadi tiga menit, semakin menunjukan ambisi Instagram untuk tetap relevan di tengah persaingan sengit dengan TikTok. Durasi Reels yang lebih panjang ini dapat menarik banyak pengguna untuk membuat konten lebih kreatif.
(Virdiya/Budis)