Isi Token Listrik Gagal Karena Tulisan ‘PERIKSA’, Cek Solusinya!

token listrik-2
(Dodix Tekno)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Pelanggan listrik prabayar sering mengalami kendala ketika isi token listrik gagal dan muncul tulisan “Periksa”. Kendala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu segera diatasi. Mari kita bahas penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Penyebab Isi Token Listrik Gagal

1. Gangguan pada Instalasi Rumah Pelanggan

Ketika muncul tulisan “Periksa”, bisa jadi ada gangguan pada instalasi rumah pelanggan. Hal ini dapat melibatkan kabel-kabel yang tidak terhubung dengan baik atau masalah teknis lainnya.

2. Kebocoran Arus Listrik

Kebocoran arus listrik juga dapat menjadi penyebab munculnya pesan “Periksa”. PLN mencatat bahwa kebocoran ini dapat menghambat pengisian token listrik.

3. Gangguan Teknis Lainnya

Ada berbagai gangguan teknis lainnya yang dapat menyebabkan pengisian gagal. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu penyebab spesifiknya.

BACA JUGA: Cek, Cara Mengatasi Pengisian Token Listrik yang Gagal Terus

Cara Mengatasi

Jika mengalami kendala ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi pengisian yang gagal dengan tulisan “Periksa”:

Melalui Layanan Pengaduan Call Center PLN

  • Lakukan panggilan ke Call Center PLN di nomor 123 dengan menambahkan kode area tempat tinggal.
  • Pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan.
  • Sampaikan kendala dan sebutkan nomor ID pelanggan yang tertera pada meteran listrik.
  • Operator akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti perekaman di database PLN.
  • Tunggu beberapa waktu sampai petugas PLN memproses aduan dan memberikan kode reset berupa 20 digit angka.
  • Catat kode reset tersebut dan masukkan ke meteran seperti memasukkan token listrik.

Melalui Layanan Pengaduan PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel.
  • Masukkan ID pelanggan dan pilih menu “Profile” lalu klik “Layanan Saya”.
  • Jika belum memasukkan ID pelanggan, tambahkan ID pelanggan.
  • Pilih menu “Pengaduan” dan klik “kWh meter saya menunjukkan periksa”.
  • Ajukan pengaduan dan ikuti instruksi.
  • Sertakan foto angka pada meteran listrik.
  • Tunggu petugas PLN menghubungi dan berikan kode untuk clear temper.
  • Matikan meteran, masukkan kode clear temper, dan nyalakan kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, semoga masalah isi token listrik yang gagal dengan tulisan “Periksa” dapat teratasi dengan baik.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Suar Mahasiswa Awards 2025
Trik Bikin Video Jurnalistik Agar Menang di Suar Mahasiswa Awards 2025
Program DAKOCAN
Cara Buat KIA pada Program DAKOCAN Lebih Mudah
Penyelidikan dan Penyidikan Kasus Hibah, Pemkab Tasikmalaya Hargai Kinerja APH
Penyelidikan dan Penyidikan Kasus Hibah, Pemkab Tasikmalaya Hargai Kinerja APH
F1: The Academy
Netflix Buat Serial F1 The Academy, Tayang Mei 2025!
AFC Naturalisasi
CEK FAKTA: AFC Larang Naturalisasi Pemain Belanda untuk Timnas Indonesia
Berita Lainnya

1

Bupati Cirebon Luncurkan Program 'DAKOCAN'

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Kota Bandung Perlu Bangun Sistem Pangan Berkelanjutan

4

LSI: Kepala Daerah di Jabar Harus Ikuti Langkah Bupati Bandung Terjemahkan Program Presiden

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Aleix Espargaro
Kembali ke Lintasan MotoGP Sebagai Wildcard Honda, Aleix Espargaro Mengaku Gugup
Gempa Bumi Guncang Cilacap Jateng
Gempa Bumi M 3,4 Guncang Cilacap Jateng
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 18 April 2025
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 25 April 2025
Inter
Kondisi Inter Memburuk, Jalan Barcelona Menuju Final Kian Terbuka

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.