Isi Token Listrik Gagal Karena Tulisan ‘PERIKSA’, Cek Solusinya!

Penulis: Anisa

token listrik-2
(Dodix Tekno)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Pelanggan listrik prabayar sering mengalami kendala ketika isi token listrik gagal dan muncul tulisan “Periksa”. Kendala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu segera diatasi. Mari kita bahas penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Penyebab Isi Token Listrik Gagal

1. Gangguan pada Instalasi Rumah Pelanggan

Ketika muncul tulisan “Periksa”, bisa jadi ada gangguan pada instalasi rumah pelanggan. Hal ini dapat melibatkan kabel-kabel yang tidak terhubung dengan baik atau masalah teknis lainnya.

2. Kebocoran Arus Listrik

Kebocoran arus listrik juga dapat menjadi penyebab munculnya pesan “Periksa”. PLN mencatat bahwa kebocoran ini dapat menghambat pengisian token listrik.

3. Gangguan Teknis Lainnya

Ada berbagai gangguan teknis lainnya yang dapat menyebabkan pengisian gagal. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu penyebab spesifiknya.

BACA JUGA: Cek, Cara Mengatasi Pengisian Token Listrik yang Gagal Terus

Cara Mengatasi

Jika mengalami kendala ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi pengisian yang gagal dengan tulisan “Periksa”:

Melalui Layanan Pengaduan Call Center PLN

  • Lakukan panggilan ke Call Center PLN di nomor 123 dengan menambahkan kode area tempat tinggal.
  • Pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan.
  • Sampaikan kendala dan sebutkan nomor ID pelanggan yang tertera pada meteran listrik.
  • Operator akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti perekaman di database PLN.
  • Tunggu beberapa waktu sampai petugas PLN memproses aduan dan memberikan kode reset berupa 20 digit angka.
  • Catat kode reset tersebut dan masukkan ke meteran seperti memasukkan token listrik.

Melalui Layanan Pengaduan PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel.
  • Masukkan ID pelanggan dan pilih menu “Profile” lalu klik “Layanan Saya”.
  • Jika belum memasukkan ID pelanggan, tambahkan ID pelanggan.
  • Pilih menu “Pengaduan” dan klik “kWh meter saya menunjukkan periksa”.
  • Ajukan pengaduan dan ikuti instruksi.
  • Sertakan foto angka pada meteran listrik.
  • Tunggu petugas PLN menghubungi dan berikan kode untuk clear temper.
  • Matikan meteran, masukkan kode clear temper, dan nyalakan kembali.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, semoga masalah isi token listrik yang gagal dengan tulisan “Periksa” dapat teratasi dengan baik.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Mobil damkar
2 Mobil Damkar Dikerahkan untuk Tangani Kebakaran di Gang Guntur Cianjur
Pengancaman dan kekerasan
Pelaku Pengancaman Terkait Pengelolaan Lahan Parkir di Bekasi Dibekuk Polisi
Ganja
Peredaran Ganja 6 Kg di Jaktim Berhasil Digagalkan
Ojol Bandung
Viral! Ojol Bandung Tambal Jalan Pakai Uang Sendiri "Nggak Nunggu Janji"
Akhmad Marjuki
Disambut Bang Maja, Doa Haru Sertai Akhmad Marjuki dari Seniman Betawi untuk Golkar Bekasi!
Berita Lainnya

1

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

2

Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial Telkom University Dorong Digitalisasi Promosi Wisata Desa Sugihmukti Lewat Produksi Video Profil

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Strategi Bisnis “Purple Cow/ Sapi Ungu”
Headline
anggota dprd lampung utara
Usai Viral Sawer DJ, Anggota DPRD Lampung: Bukan Melanggar Norma!
Gunung Cikuray Garut - Pendaki Hilang - Foto Kuttab Digital
Pendaki Asal Karawang Hilang di Gunung Cikuray Garut, Tim SAR Lakukan Operasi Pencarian
ijazah jokowi
Polemik Ijazah Jokowi, Rektor dan Dekan UGM Digugat Rp69 Triliun!
Harga Tiket Timnas Indonesia Vs China, Cek Cara Belinya
Harga Tiket Timnas Indonesia Vs China, Cek Cara Belinya

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.