BANDUNG,TM.ID: Dalam dunia kreator TikTok, memiliki niche dan konten yang menarik adalah hal yang penting. Mulai dari mereview makanan, memberikan edukasi kesehatan, menunjukkan life hacks, hingga menjual produk, kreativitasmu memiliki potensi untuk terkenal oleh jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia.
Salah satu cara untuk memaksimalkan visibilitasmu dengan memanfaatkan fitur iklan TikTok. Di artikel ini, kami akan membahas cara memasang iklan di TikTok untuk membantumu mencapai tujuanmu.
Mengapa Harus Memasang Iklan di TikTok
Saat ini, TikTok memiliki lebih dari 1,6 miliar pengguna di seluruh dunia, dengan 1,1 miliar di antaranya aktif setiap bulannya. Angka ini menunjukkan potensi yang luar biasa untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan mempercepat pertumbuhan akunmu. Iklan TikTok juga memiliki berbagai keuntungan.
Pertama, harganya terjangkau, dengan harga mulai dari Rp15 ribu per hari. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan iklan sesuai target audiens berdasarkan gender, usia, minat, atau lokasi. Dengan memasang iklan TikTok, kamu dapat menarik lebih banyak penonton video, kunjungan situs web, meningkatkan jumlah pengikut, atau meningkatkan pesan dan tayangan profilmu.
Cara Memasang Iklan di TikTok melalui Business Suite
Jika baru saja memulai perjalanan di TikTok, fitur promosi adalah langkah awal yang baik. Ini memungkinkanmu untuk memperkenalkan akunmu kepada pengguna TikTok lainnya dengan biaya yang terjangkau. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Sebelum memulai, pastikan bahwa akun TikTokmu sudah berubah menjadi akun bisnis.
- Buka aplikasi TikTok, lalu ketuk menu ‘Profil’.
- Pilih konten atau video yang ingin kamu promosikan.
- Ketuk fitur ‘titik tiga’ pada profilmu dan pilih ‘Promosi’.
- Pilih tujuan promosi, seperti menarik lebih banyak penonton video, kunjungan situs web, meningkatkan pengikut, pesan, atau tayangan profilmu. Setelah itu, klik ‘Lanjutkan’.
- Tentukan target audiens berdasarkan gender, usia, minat, dan lokasi.
- Masukkan nominal biaya promosimu, dengan tarif minimal Rp15 ribu per hari.
- Terakhir, selesaikan pembayaran dan tunggu iklan pihak TikTok periksa hingga mendapat izin.
BACA JUGA: 10 Negara yang Memblokir TikTok, Kira-kira Alasannya Apa Ya?
Cara Memasang Iklan di TikTok melalui Ads Manager
Jika memiliki anggaran besar untuk iklan TikTok, kamu dapat menggunakan Ads Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Pertama-tama, kamu perlu mendaftar akun TikTok Ads. Kamu dapat langsung menautkannya dengan akun TikTok. Isi informasi yang diminta seperti nama bisnis, jenis bisnis, mata uang yang dipakai, dan waktu.
- Setelahnya, kamu akan diminta untuk memilih pembayaran otomatis atau manual. Lanjutkan dengan mengklik ‘Buka Ads Manager’.
- Setelah membuka Ads Manager,kamu akan diarahkan pada menu Campaign. Di sana, kamu dapat memilih mode kampanye yang sesuai dengan tujuanmu, baik itu mode simpel atau kustomisasi.
- Tentukan data target audiens, baik dalam hal tujuan dan audiens itu sendiri.
- Masukkan nominal biaya iklan yang kamu inginkan, dengan tarif minimal Rp50 ribu.
- Pada bagian yang sama, tentukan tanggal berapa iklan akan ditayangkan.
- Akhirnya, unggah video atau gambar yang akan digunakan untuk iklan, lalu klik ‘Lanjutkan’.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah memasang iklan di TikTok.
(Kaje/Usamah)