BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Yamaha meluncurkan model terbaru dari Nmax yang datang dengan teknologi inovatif bernama ‘Turbo’. Meski memasukan nama turbo, Yamaha tidak memasangkan komponen turbo seperti pada umumnya. Teknologi ini diklaim membuat mesin motor 155 CC memberikan performa lebih baik.
Penyematan nama turbo pada skutic matic itu berkaitan dengan Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission (YECVT) dan YShift.
Cara Kerja CVT Nmax Turbo
Deputy General Manager Marketing Communication PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menjelaskan, YECVT ini menggantikan sistem CVT lama.
Bentuk turbo ini juga tidak seperti keong bersuara ‘Stututu’. Sistem CVT lama dari Yamaha Nmax terbaru kini menggunakan roller terbaru yang bernama Transmission Control Unit (TCU). TCU ini tidak bekerja secara konvensional, melainkan dengan mekanisme elektrikal.
Sistem kerja YECVT melibatkan pulley primer pada motor yang tergerak oleh motor penggerak TCU. Input dari seberapa besar kerja TCU dipengaruhi oleh sistem YShift pada setang sebelah kiri yang diatur pengendara.
Ini tentu berbeda dengan cara kerja CVT konvensional di mana maju mundur pulley mengandalkan roller yang mendorong mangkok pulley agar belt naik turun. Nmax terbaru ini tidak lagi menggunakan roller untuk menggerakkan belt ke pulley depan, atas, atau bawah. Penggeraknya sudah tergantikan oleh teknologi TCU.
YShift merupakan teknologi Yamaha fungsinya untuk mengatur seberapa besar TCU menggerakkan pulley. TCU ini dapat diatur dengan tiga tingkatan yaitu low, medium, dan high.
Fungsi dari YShift bisa langsung terlihat di layar HUD Yamaha Nmax Turbo. Menurut internal Yamaha, sistem baru ‘Turbo’ ini membuat motor berakselerasi lebih cepat ketika menempuh jarak 200 meter dibandingkan Nmax sebelumnya.
Penggunaan YShift
YShift memberikan kebutuhan berkendata seperti mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, touring, performance riding, dan bahkan bisa juga mengatur kecepatan ketika akan deselerasi menuju tikungan. Teknologi ini memberikan fleksibilitas dan kontrol lebih bagi pengendara dalam berbagai situasi berkendara.
Yamaha Nmax terkini membawa peningkatan signifikan pada performa mesin. Dengan teknologi YECVT dan YShift, motor ini mampu memberikan akselerasi lebih baik dan responsif. Sistem TCU yang terkendali secara elektronik memastikan bahwa perpindahan daya dari mesin ke roda belakang terjadi dengan lebih efisien dan mulus.
Selain peningkatan performa, Yamaha Nmax Turbo juga hadir dengan desain dan fitur modern. Body yang aerodinamis dan ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Panel instrumen digital memberikan informasi yang lengkap dan mudah dibaca oleh pengendara.
Ada dua tipe Yamaha Nmax baru yang meluncur, yaitu Yamaha Nmax Neo dan Yamaha Nmax Turbo. Untuk model Turbo terbagi lagi menjadi tiga jenis, salah satunya merupakan edisi terbatas. Berikut ini adalah harga masing-masing unit motor khusus Yamaha Nmax Turbo:
- Yamaha Nmax Turbo: Rp 37.750.000
- Yamaha Nmax Turbo Tech Max: Rp 43.250.000
- Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 45.250.000
Setiap varian memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan pengguna. Varian Tech Max dan Tech Max Ultimate menawarkan fitur tambahan seperti suspensi yang lebih baik, sistem audio yang lebih canggih, dan material jok yang lebih premium.
(Saepul/