JAKARTA,TM.ID: Bank Mandiri terus melangkah maju dalam era digital dengan meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai. Komitmen untuk memberikan efisiensi dan kenyamanan kepada nasabah melalui layanan digital menjadi fokus utama. Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan Bank Mandiri adalah fitur pembayaran nirsentuh, Mandiri Contactless yang resmi diluncurkan di IKEA, Mall Taman Anggrek, Jakarta, Selasa (19/12/2023).
Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengungkapkan, Mandiri Contactless membawa konsep transaksi nirsentuh ke layanan perbankan. Fitur ini memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) yang memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran tanpa perlu menyentuhkan kartu fisik ke mesin pembaca. Keunggulan utama adalah kemudahan dan kecepatan, menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih efisien.
“Dalam mengembangkan layanan digital, Bank Mandiri terus berinovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan transaksi nasabah yang membutuhkan layanan keuangan effortless,” kata Aquarius.
Near Field Communication (NFC) adalah teknologi komunikasi jarak dekat yang memungkinkan pertukaran informasi antara perangkat elektronik. Dalam konteks Mandiri Contactless, teknologi ini memastikan transaksi yang cepat, aman, dan praktis. Nasabah hanya perlu mendekatkan kartu ke mesin pembaca yang dilengkapi NFC untuk menyelesaikan transaksi.
Aquarius mengatakan, Mandiri Contactless menawarkan 3 fitur yaitu Mandiri Debit Contactless, Mandiri Kartu Kredit Contactless serta Tap To Pay di Livin.
BACA JUGA: Beri Limit Rp20 Juta, Bank Mandiri Luncurkan Livin Paylater Tanpa Admin
Kartu Kredit Contactless tetap dapat memanfaatkan fitur cicilan / power buy, dan mendapatkan Livin’ poin sesuai jenis kartu, ubah transaksi menjadi cicilan di Livin’ by Mandiri, dan fitur lainnya. Layanan tersebut dapat digunakan oleh nasabah Bank Mandiri untuk memenuhi kebutuhan transaksional, serta mendukung dan memberikan kemudahan dalam setiap aktivitas keuangan yang dilakukan oleh Nasabah Bank Mandiri.
Adapun layanan ini juga tak hanya dapat digunakan di dalam negeri, namun juga luar negeri (cross border).
“Misalnya untuk transaksi pembayaran transportasi publik. Bagi nasabah yang belum memiliki Mandiri Debit Contactless, dapat melakukan pergantian kartu melalui join.bankmandiri.co.id, cabang Bank Mandiri dan melalui CSM (Customer Service Machine),” ujarnya.
Aquarius juga menyatakan kebutuhan dan kepuasan nasabah akan tetap menjadi prioritas utama perseroan dan pilar budaya kerja Bank Mandiri. Sejalan dengan inovasi layanan digital yang dilakukan perseroan dalam beberapa tahun terakhir, Bank Mandiri akan terus membangun ekosistem digital untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.
“Ke depan Bank Mandiri akan terus melakukan inovasi untuk menyediakan solusi seluruh kebutuhan transaksi nasabah dan masyarakat, mulai kebutuhan finansial maupun non finansial,” pungkas Aquarius.***