Cek Fakta: Banyak Anak Meninggal karena Keracunan Permen Semprot

Cek Fakta
(facebook/@Ujang Haw)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Cek Fakta video yang beredar di Facebook dengan akun @Ujang Haw mengklaim bahwa banyak anak meninggal dunia akibat keracunan permen semprot.

Video tersebut memperlihatkan suasana rumah sakit yang merawat beberapa anak SD, serta beberapa botol yang diklaim sebagai kemasan permen semprot asal Cina.

“Breaking news !!! Orang tua waspada. banyak anak kecil meninggal. Permen spray buatan china adalah produk yang sangat berbahaya. Mohon jagalah putra- putri Anda agar hal seperti ini tidak terjadi dan jangan lengah dalam pengawasan Anda sebagai orang tua,” tulis akun Facebook @Ujang Haw.

Hasil verifikasi Teropongmedia.id menunjukkan bahwa klaim tersebut keliru. Video tersebut memang benar memperlihatkan peristiwa saat sejumlah siswa SD Negeri 39 Kota Palembang diduga keracunan permen semprot yang dibeli di sekitar sekolah. Namun, peristiwa tersebut tidak menyebabkan para siswa meninggal dunia.

Video yang beredar tersebut identik dengan berita yang ditayangkan Berita Satu yang diunggah di saluran YouTube mereka pada 1 Agustus 2024.

Saat itu, ruang instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit di Palembang, Sumatera Selatan. Merawat beberapa siswa SD Negeri 39 Kota Palembang yang diduga keracunan permen semprot.

Pada detik ke-25 video yang beredar juga memperlihatkan botol-botol yang diklaim kemasan permen semprot, yang juga diberitakan oleh Berita Satu.

Fakta dari Beberapa Sumber

Berdasarkan beberapa sumber, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Adrianus Amri. Menyatakan bahwa empat siswa SD di Kota Palembang diduga mengalami keracunan dan sedang dirawat di rumah sakit pada Selasa, 30 Juli 2024.

Penyebab keracunan diduga berasal dari minuman yang disebut permen semprot bermerk QeQe keluaran PT Aneka Anugrah Abadi Jakarta Barat yang diproduksi di Kabupaten Tangerang, Banten.

Dilansir Kompas.com, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, Tedy Wirawan. Mengatakan bahwa permen semprot tersebut terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi MD266631013261, yang diproduksi PT Aneka Anugrah Abadi, Jakarta Barat.

Namun, izin edar produk tersebut telah habis pada 11 April 2023. Berdasarkan ketentuan BPOM, produk tersebut masih boleh diedarkan sampai 24 bulan atau 2 tahun kemudian.

Selain di Palembang, permen semprot juga diduga menjadi penyebab keracunan beberapa siswa di daerah lain. Misalnya, DARI Republika.co.id pada 2014, dimana ada dugaan terjadi keracunan permen semprot. Menimpa setidaknya 36 anak SD Negeri Cirebon Girang 1, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA : Cek Fakta: Detik-Detik Liam Payne Jatuh dari Balkon Hotel

Kemudian, dilaporkan iNews.id tahun 2019, bahwa delapan siswa TK RA Wathoniyah di Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Hal ini mengalami gejala-gejala diduga keracunan setelah mengkonsumsi permen semprot.

Ketiga, RRI.co.id melaporkan 31 siswa SD Negeri 2 Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mengalami merasakan mual/muntah, pusing, sakit perut, lemas, dan juga mengantuk, setelah mengkonsumsi permen semprot, pada tahun 2023.

Namun, tidak ada kasus banyak anak meninggal dunia karena permen semprot tersebut.

Verifikasi Teropongmedia.id menyimpulkan bahwa narasi yang mengatakan video yang beredar. Memperlihatkan pelajar SD yang keracunan usai mengkonsumsi permen semprot adalah klaim yang keliru.

Video tersebut benar terjadi pada sejumlah siswa SD Negeri 39 Kota Palembang yang diduga keracunan akibat mengkonsumsi permen semprot yang kadaluwarsa. Namun, tidak ada kasus anak yang meninggal dunia.

 

(Hafidah Rismayanti/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Najwa Shihab Trending
Buku "Catatan Najwa" Disoal, Najwa Shihab Trending di X
Hari sumpah pemuda
Menggali Makna Sejarah, Rayakan Hari Sumpah Pemuda di Tempat Ini
Sabda Ahessa Menikah
Sabda Ahessa, Mantan Pacar Brondong Wulan Guritno Nikahi Wanita Yordania
2 Skenario Penyelamatan Raksasa Tekstil Sritex
2 Skenario Penyelamatan Raksasa Tekstil Sritex yang Pailit
Mitzi Abigail Atlet
Atlet Bulu Tangkis Anthony Ginting Resmi Nikahi Mitzi Abigail
Berita Lainnya

1

Takut Terkena Imbas PHK, 15 Ribu Karyawan Sritex Resah Dengan Nasib Perusahaan Pailit

2

Bea Cukai Bandung Hadir dalam Acara Roeang Kita UMKM Fest 2024, Budi Santoso: UMKM Harus Naik Kelas

3

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Pembekalan Selesai, Kabinet Merah Putih Tinggalkan Akmil Magelang
Headline
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi Untuk Taklukan Persib Bandung