Pengamat: Susun Kabinet Prabowo-Gibran Harus Tolak Koruptor Jadi Menteri

Rangkaian Acara Pelantikan Presiden
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran (Antara)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Analis Komunikasi Politik Direktur Eksekutif Era Politik (Erapol) Indonesia, Khafidulu Ulum mengatakan Presiden terpilih Prabowo Subianto memiliki hak prerogatif dalam menentukan para menteri yang akan masuk dalam kabinet pemerintahannya selama lima tahun mendatang.

Khafidulu menyebutkan Pabowo tentu akan mengajak bicara para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam penyusunan kabinet.

Namun, Prabowo berhak menolak atau menerima usulan atau masukan dari elite partai politik terkait nama menteri yang akan ditunjuk.

Dia menjelaskan, dalam menentukan menteri, tidak cukup hanya kapabilitas dan profesional, tapi aspek integritas juga harus menjadi pertimbangan dalam menunjuk menteri.

“Calon menteri harus mempunyai integritas yang baik. Mereka bukan mantan koruptor dan bukan pula orang yang sedang tersandung kasus korupsi,” kata Khudulu Senin (23/9/2024).

Sebelumnya, Prabowo dengan tegas menyatakan bahwa dirinya akan memberantas korupsi, bahkan akan mengirim tim khusus untuk mengejar koruptor sampai ke Antartika. Tentu, janji itu harus dibuktikan Prabowo, dan bisa dimulai dari penyusunan kabinet.

Ada sejumlah alasan kenapa Prabowo harus menolak koruptor jadi menteri di kabinetnya.

“Pertama, korupsi bukanlah kejahatan biasa. Korupsi sebagai extraordinary crime atau kejahatan luar biasa. Korupsi adalah tindak kejahatan yang sangat berdampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat,” bebernya.

Karena dampaknya sangat luar biasa, maka Prabowo harus melakukan pencegahan sejak awal. Yaitu, dengan tidak memilih sosok yang pernah atau sedang tersangkut tindak pidana korupsi.

“Kedua, jika Prabowo memilih orang yang tersangkut kasus korupsi jadi menteri, maka orang itu akan menjadi beban bagi kabinet Prabowo. Masyarakat akan meragukan integritas pejabat tersebut. Jika integritasnya bermasalah, bagaimana mereka bisa menjadi pejabat yang baik dan dipercaya rakyat?,” bebernya.

Ketiga, tidak ada jaminan orang yang pernah korupsi atau sedang tersangkut kasus korupsi itu tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Kemungkinan besar mereka akan mengulangi lagi perbuatan dan tindak pidana yang sangat merugikan masyarakat itu,” ujarnya.

Keempat, Prabowo tidak cukup hanya berjanji memberantas korupsi, tapi sebagai presiden, dia juga harus memberi contoh bagi masyarakat dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi. Sekarang banyak pejabat yang pintar, tapi sedikit yang bisa menjadi contoh. Indonesia sekarang menghadapi krisis keteladanan.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Sulit Prabowo-Gibran Keluar dari Bayang-Bayang Kabinet Gemuk

Menurut dia, Prabowo sebaiknya menggandeng penegak hukum atau membentuk tim khusus untuk menelusuri track record integritas calon menteri. Tim bisa memberikan penilaian terhadap calon menteri yang akan ditunjuk sebagai pembantu Prabowo.

“Pemerintahan sebelumnya pernah melibatkan KPK dalam menilai calon menteri, tapi hal itu dilakukan hanya sebatas pencitraan atau gimik politik saja. Sudah tidak zamannya lagi pencitraan dilakukan dalam pemberantasan korupsi ,” bebernya

 

 

(Agus Irawan/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke