Jangan Panik! Ini 7 Pertolongan Pertama Saat Gerd Kambuh

Pertolongan pertama gerd
Pertolongan pertama gerd. (istockphoto)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Gerd merupakan masalah asam lambung yang terjadi ketika saluran pencernaan bagian atas tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi. Bagi Anda yang memiliki gerd, penting untuk mengetahui pertolongan pertama yang harus Anda lakukan saat, penyakit asam lambung Anda kambuh.

Saat gerd kambuh, biasanya penderita akan merasakan nyeri ulu hati yang intens, mual, hingga muntah. Oleh karea itu, di bawah ini adalah sejumlah langkah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan saat merasakan gerd secara tiba-tiba.

Pertolongan Pertama Gerd

1. Minum Air Putih Hangat

Minum air putih hangat membantu menetralkan keasaman lambung. Dengan minum air, konsentrasi asam di perut bisa berkurang, sehingga gejala sakit asam lambung dapat mereda. Air putih juga dapat membantu merangsang produksi air liur yang bersifat basa, mempercepat proses pencernaan, dan mempercepat pengosongan lambung, yang pada akhirnya mengurangi tekanan di perut sehingga asam lambung berkurang.

2. Longgarkan Pakaian yang Dikenakan

Ketika asam lambung naik, salah satu pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah melonggarkan pakaian, terutama di bagian perut. Pakaian yang ketat, terutama di area perut, dapat menambah tekanan pada lambung dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan, yang mengakibatkan gejala refluks asam seperti rasa terbakar di dada (heartburn).

3. Duduk dalam Posisi Tegak

Duduk dengan posisi tegak dan menghindari berbaring setelah makan adalah langkah pertolongan pertama yang efektif saat asam lambung naik. Ketika Anda berbaring, gravitasi tidak dapat menjaga asam lambung di perut sehingga membuat asam lebih mudah naik ke kerongkongan. Sementara itu, duduk dalam posisi tegak membantu menjaga asam lambung tetap di perut dan mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah sehingga bisa bekerja lebih efektif dalam menahan asam lambung tidak naik.

4. Minum Jahe Hangat

Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman jahe. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi dan peradangan pada lambung dan kerongkongan. Ketika asam lambung naik, jaringan kerongkongan bisa menjadi iritasi dan meradang. Jahe membantu mengurangi peradangan ini dan memberikan rasa nyaman. Minuman ini juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan cairan lambung, yang membantu mempercepat proses pencernaan.

5. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Ketika gejala asam lambung menyerang saat malam hari, posisi tidur yang tepat adalah miring ke kiri. Dikutip dari Canadian Society of Intestinal Research, gejala asam lambung bisa lebih buruk ketika tidur miring ke kanan atau telentang.

Posisi miring ke kiri membantu cairan lambung beserta isinya tetap di lambung tanpa melewati saluran kerongkongan. Anda juga bisa memposisikan tidur setengah duduk dengan meninggikan bantal minimal 2 bantal agar asam lambung tidak naik.

6. Mengonsumsi Madu

Salah satu penelitian dalam jurnal Food Science & Nutrition mengatakan bahwa madu, khususnya madu Manuka, efektif mengatasi GERD. Penelitian dilakukan pada 30 pasien GERD yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang mengonsumsi madu Manuka dan kelompok plasebo. Penelitian yang dilakukan selama 4 minggu ini menemukan bahwa kelompok yang mengonsumsi madu Manuka mengalami perbaikan gejala GERD yang lebih signifikan dibandingkan kelompok plasebo. Jadi, minum madu bisa menjadi cara penanganan asam lambung naik yang tepat.

7. Mengunyah Permen Karet

Pertolongan pertama saat asam lambung kambuh lainnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet merangsang kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur, yang bersifat basa dan membantu menetralkan asam lambung. Dengan lebih banyak air liur, asam yang naik ke kerongkongan dapat dibilas kembali ke lambung, sehingga mengurangi iritasi dan rasa terbakar.

BACA JUGA: Penyakit GERD Minggat Hanya dengan Resep dr Zaidul Akbar Ini

Sekarang, Anda dapat menggunakan sejumlah cara di atas sebagai pertolongan pertama saat gerd Anda kambuh. Cara-cara di atas dapat meredakan atau membantu mengatasi rasa sakit pada lambung Anda, sebelum periksa ke dokter.

 

 

(Virdiya/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Pernikahan Mawaddah Ilona
Viral di Media Sosial Pernikahan Mewah Mawaddah Ilona, Siapa Orang Tuanya?
Kuliner Madiun
Enaknya 7 Kuliner Khas Madiun Ini!
Mark NCT merayakan ulang tahun
Mark NCT Merayakan Ulang Tahun, Bikin Surat Cinta Buat Fans!
Kemerdekaan 17 Agustus
Tradisi Lomba Dayung untuk Peringati Kemerdekaan 17 Agustus
Mahalini Raharja Oplas
Mahalini Raharja Bela Diri Soal Oplas Malah Kena Hujat Lagi
Berita Lainnya

1

Kerangka Ibu dan Anak Gegerkan Bandung Barat, Polisi Temukan Petunjuk

2

3 Link Streaming Manchester United vs Liverpool selain Yalla Shoot

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Link Streaming Real Madrid Vs Barcelona Selain Yalla Shoot

5

MSR Terima B1 KWK PAN
Headline
gregoria
Link Streaming Gregoria vs An Se-yong Semifinal Olimpiade Paris 2024, Selain Yalla Shoot
liverpool
Liverpool Membantai Manchester United 3-0 di Laga Paramusim 4 agustus 2024
Pedoman Upacara Bendera 17 Agustus
Pedoman Upacara Bendera 17 Agustus
WNI Tewas di Perkebunan Sawit Malaysia Alami Luka Tembak
WNI Tewas di Perkebunan Sawit Malaysia Alami Luka Tembak