PDIP Sebut Permintaan Maaf Jokowi Untuk Rakyat Sudah Terlambat

jokowi minta maaf-2
(Gesuri)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Juru bicara PDIP Chico Hakim menganggap permintaan maaf Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada rakyat sudah terlambat. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menilai sikap Jokowi sudah sangat bijaksana.

“Sikap Presiden Jokowi sangat bijaksana. Sebagai manusia, tentu bukanlah Maha Sempurna, karena kesempurnaan hakiki hanyalah milik Allah, Tuhan Yang Maha Esa,” kata Viva, Jumat (2/8/2024).

Viva mengatakan program yang belum sempurna di era Jokowi nantinya akan diselesaikan dan diperbaiki oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Jika masih ada program yang belum sempurna, ya nanti akan diselesaikan, diperbaiki serta disempurnakan oleh pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata Viva.

Kemudian, Viva menyinggung soal PDIP telah mendukung Jokowi dan kemudian terpilih jadi presiden untuk kedua kalinya. Jika di Pilpres 2024 jagoan PDIP kalah, itu merupakan konsekuensi demokrasi.

“Dalam sejarahnya, Pak Jokowi dua kali terpilih menjadi presiden didukung oleh PDIP. Jika di Pilpres 2024 calon PDIP kalah berlaga, ya itu konsekuensi dari demokrasi elektoral,” katanya.

Viva meminta PDIP menerima kekalahan dengan jiwa ksatria. Dia mengatakan semestinya, PDIP tidak usah mengorek masa lalu dengan narasi negatif yang akan menebar energi buruk.

“Jika sudah kalah, ya sebaiknya menerima dengan jiwa ksatria. Tidak usah lagi mengorek-ngorek masa lalu dengan memakai bahasa negatif, destruktif, dan toxic. Tidak enak dibaca dan dirasa karena menebar energi buruk, he-he-he,” ujarnya.

Viva mengajak seluruh pihak untuk menatap masa depan dengan optimis. Dia menyebut politik kekuasaan dalam sistem demokrasi konstitusional adalah jalan terbaik membangun peradaban Indonesia.

“Marilah kita menatap masa depan dengan rasa optimisme. Politik kekuasaan dalam sistem demokrasi konstitusional adalah jalan terbaik dalam membangun peradaban Indonesia,” katanya.

Pernyataan Jubir PDIP

Sebelumnya, PDIP merespons Jokowi yang minta maaf pada seluruh masyarakat Indonesia jelang akhir masa jabatan. PDIP menganggap permintaan maaf itu sudah terlambat disampaikan sekarang.

“Kami tidak merasa ini sesuatu yang perlu dihiraukan terlalu serius atau terlalu jauh karena semuanya sudah cukup terlambat,” kata Juru Bicara PDIP Chico Hakim seperti dikutip Teropong Media.

Chico menyebut beberapa kerusakan telah terjadi selama Jokowi memimpin Indonesia. Dia menyinggung secara khusus kerusakan dari sisi demokrasi.

“Apa lagi kerusakan yang telah diakibatkan oleh cara kepemimpinan dan manuver-manuver yang dilakukan oleh kekuasaan, khususnya yang kami maksud adalah kekuasaan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Itu kerusakan-kerusakan di bidang demokrasi dan juga hubungan baik silaturahmi sosial di antara masyarakat yang kita rasakan ada keterpecahan, ada pecah belah di situ, polarisasi, politisasi agama, dan juga berbagai macam hal lain,” jelasnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Maaf atas Segala Khilaf di Acara Zikir Kebangsaan

“Kalau di bidang demokrasi tentu kita tahu ada pembegalan konstitusi kita hanya untuk loloskan putra sulungnya, dan baru-baru ini dilakukan lagi untuk meloloskan putra bungsunya sebagai kandidat politik,” lanjut dia.

Selain itu, Chico menyebut ada banyak hal yang tidak sesuai dengan janji Jokowi saat pertama kali maju sebagai calon presiden pada 2014.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
jokowi minta maaf-3
Jokowi Minta Maaf, Nasdem: Sadar Tidak Sempurna
BBMC Gelar Ulang Tahun ke-36 di Gedung Sate
BBMC Gelar Ulang Tahun ke-36 di Gedung Sate
David da Silva dan Ciro Alves Kian Kompak, Cetak Hattrick di Gim Internal
David da Silva dan Ciro Alves Kian Kompak, Cetak Hattrick di Gim Internal
Prediksi Skor Persis vs Persija
Prediksi Skor Persis vs Persija di Perebutan Tempat Ketiga Piala Presiden 2024
one piece 1122
Link Baca Komik One Piece 1122 Sub Indo, Cek!
Berita Lainnya

1

Kerangka Ibu dan Anak Gegerkan Bandung Barat, Polisi Temukan Petunjuk

2

MSR Terima B1 KWK PAN

3

Balas Kematian Haniyeh, Pemimpin Iran Ali Khamenei Perintahkan Serang Israel

4

Ribut Soal Cerai, Watak Suami Nisya Ahmad Jadi Sorotan

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
ismail haniyeh instagram
Diduga Mencekal Berita Duka Ismail Haniyeh, Turki Blokir Instagram
Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truck
Lagi-lagi Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truk di Yahukimo
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung