Yumaju Coffee, Strategi Komunikasi yang Bikin UMKM Kopi Tahan Gempuran Persaingan di Bandung

Editor: usamah

Yumaju Coffee, Strategi Komunikasi yang Bikin UMKM Kopi Tahan Gempuran Persaingan di Bandung
Yumaju Coffee, Strategi Komunikasi yang Bikin UMKM Kopi Tahan Gempuran Persaingan di Bandung (Dok. Mahasiswa Inaba)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Di tengah menjamurnya coffee shop di Kota Bandung, sebuah kedai kopi bernama “Yumaju” berhasil mencuri perhatian dengan pendekatan komunikasi yang unik dan konsisten. Tidak hanya soal rasa kopi yang kuat, tetapi juga soal bagaimana Yumaju menjalin relasi dan menciptakan pengalaman yang membekas di hati pelanggannya.


Menurut Yeyen, server sekaligus kasir di “Yumaju”, promosi kedai ini tidak hanya mengandalkan media sosial seperti Instagram dan TikTok. Mereka juga aktif mengikuti komunitas olahraga seperti lari pagi, yang secara tidak langsung menjadi ajang promosi ke target pasar yang lebih luas.

“Relasi adalah kekuatan utama kami,” ujarnya saat diwawancara

Untuk memperkenalkan menu dan produk, “Yumaju “memanfaatkan media digital secara efisien.
Menu mereka diunggah ke Google Drive dan dibagikan melalui tautan di bio media sosial. Namun,
mereka tidak berhenti di situ, karena juga memberikan edukasi langsung kepada pelanggan saat
datang ke toko.

“Kami ingin pelanggan tahu apa yang mereka nikmati, dari rasa hingga prosesnya,”
tambah Yeyen.

Salah satu kekuatan utama “Yumaju” adalah diferensiasi rasa. Jika kebanyakan coffee shop
membidik pasar anak muda dengan kopi manis dan kekinian, “Yumaju” justru memilih untuk tetap
pada cita rasa kopi yang kuat (strong).

“Kami ingin kopi kami bisa dinikmati mulai dari anak muda sampai orang tua, apalagi komunitas pelari yang biasanya suka kopi tanpa gula,” kata Yeyen.

Baca Juga:

Strategi Promosi UMKM: Mie Ayam Bakso Kabita Memaksimalkan WhatsApp, Instagram dan Flyer Sederhana

Teropong Media dan INABA Sepakati Kerja Sama Melalui Penandatanganan MoU

Ditambah suasana tempat yang estetik dan instagramable, “Yumaju” jadi punya nilai lebih.
Untuk menjaga pelanggan tetap loyal, “Yumaju” menghadirkan program membership yang
memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin setiap pembelian. Setelah 10 poin, pelanggan bisa
menukarkannya dengan 1 kopi gratis. Strategi ini sukses menciptakan pelanggan reguler dan
meningkatkan repeat order.

Meski belum pernah berkolaborasi secara resmi dengan UMKM lain, “Yumaju” tetap terbuka
terhadap kerja sama. Namun, Yeyen menegaskan bahwa mereka sangat menjaga karakter dan
kualitas brand.

“Identitas kami penting. Kalau ada kerja sama, harus selaras dengan nilai yang kami bangun,” ujarnya.

Menghadapi persaingan ketat di Bandung, “Yumaju” tetap konsisten dengan identitasnya. Mereka
memilih untuk fokus pada pelayanan yang bersih dan sikap yang humble, yang tercermin dalam
slogan mereka yang clean & humble.

“Pasang surut pasti ada, tapi kami tetap stabil karena kami tahu siapa diri kami dan siapa pelanggan kami,” pungkas Yeyen.

“Yumaju Coffee” adalah bukti nyata bahwa UMKM bisa bersaing tanpa harus meniru kompetitor.
Dengan strategi komunikasi yang tepat, pengalaman pelanggan yang positif, dan produk yang
autentik, “Yumaju” menjadi inspirasi bagi pelaku usaha kopi lainnya di kota Bandung.

Penulis:
Mahasiswa Universitas Indonesia Membangun (INABA). Prodi Ilmu Komunikasi

Fauzi Fitrah Maulana
Yunita Sirait
Winda Sri Rahayu
Karin Silviyani

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasibnya Bersama Persib Masih Abu-Abu, Mateo Kocijan: Saya Tidak Mau Memikirkan Terlalu Jauh
Nasibnya Bersama Persib Masih Abu-Abu, Mateo Kocijan: Saya Tidak Mau Memikirkan Terlalu Jauh
motor irit
Motor Paling Irit untuk Perkotaan? Ini Pilihannya!
suzuki fronx
Suzuki Fronx Dijual di Indonesia, Ini Harga Temurah dan Termahal
Mahasiswa UM
Shredtics, Inovasi Mahasiswa UM: Alat Cacah Plastik Portabel Ramah Lingkungan
Bansos Kemensos
CEK FAKTA: Link Bansos Rp1,5 Juta dari Kemensos
Berita Lainnya

1

PLN UP3 Majalaya Lakukan Kunjungan Pelanggan ke PT Danarmas Concern, Dukung Industri Tekstil dan Energi Hijau

2

Tingkatkan Bauran EBT hingga 2034, PLN Siap Jalankan RUPTL Terhijau Sepanjang Sejarah

3

Cek, Diskon Tarif Listrik 50% akan Diberlakukan Lagi Bulan Depan

4

Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Aturan Jam Malam Bagi Siswa Disahkan KDM 

5

Tok! Tidak Hanya SD-SMP Negeri, MK Perintahkan Negara Gratiskan Sekolah Swasta
Headline
Kemkomdigi Blokir Archive.org
Ada Konten Judol-Pornografi, Kemkomdigi Blokir Archive.org
Analisis Geologi Gempa Bum Jayapura Papua
Analisis Geologi Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Guncang Jayapura Papua
Anggota Polres Jayawijaya Ditembak OTK
Usai Antar Korban Kecelakaan, Anggota Polres Jayawijaya Ditembak OTK
Lahan TPU Kota Bandung Terbatas, Pemkot Bandung Bakal Gunakan Sistem Tumpang
Lahan TPU Kota Bandung Terbatas, Pemkot Bandung Bakal Gunakan Sistem Tumpang

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.