Youtube Kenalkan Fitur Erase Song, Makin Permudah Konten Kreator!

Fitur Erase Song
(Pixabay)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — YouTube perkenalkan fitur baru bernama Erase Song di YouTube Studio, yang memungkinkan para kreator konten untuk menghapus lagu yang melanggar hak cipta dalam video mereka dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Fitur ini hanya menghapus lagu, sementara suara lain seperti efek suara dan dialog tetap ada.

Sebelumnya, para kreator konten YouTube harus memotong, mengganti lagu, atau mematikan suara untuk mengatasi pelanggaran hak cipta dalam video mereka. Fitur Erase Song lengkap dengan opsi “Replace song” untuk mengganti lagu dan “Trim out segment” untuk memotong bagian video yang terkena dampak pelanggaran hak cipta.

Meskipun demikian, fitur ini tidak selalu efektif dalam beberapa situasi, terutama pada video yang lagunya sulit terpisahkan dari efek-efek suara lain atau gangguan lainnya.

YouTube juga mencatat bahwa Erase Song mungkin tidak berfungsi optimal pada video yang penontonnya lebih dari 100.000 kali, dan waktu pemrosesan bisa bervariasi tergantung pada kompleksitas video dan lagu yang kita hapus.

Fitur ini telah di perkenalkan secara bertahap kepada semua kreator konten melalui YouTube Studio, baik versi web maupun mobile, dalam beberapa minggu mendatang.

Tantangan

Selain memperkenalkan fitur Erase Song, YouTube juga telah mengambil langkah untuk melisensikan lagu-lagu dari label musik besar seperti Sony Music Entertainment, Universal Music Group, dan Warner Records untuk pelatihan model AI mereka. Ini merupakan bagian dari strategi YouTube untuk berkompetisi di ranah musik AI, yang melibatkan perusahaan lain seperti OpenAI dan Meta.

Meskipun demikian, penggunaan AI dalam musik juga menghadapi tantangan hukum dan etika, dengan beberapa artis dan label musik. Hal ini mengekspresikan kekhawatiran atas penggunaan AI yang dapat menciptakan karya yang menyerupai tanpa izin dan melanggar hak cipta.

BACA JUGA: Berapa Penghasilan YouTuber? Simak Penjelasan Ini

Pada April 2023, lebih dari 200 artis menandatangani surat terbuka yang menyerukan perlindungan terhadap hak cipta terkait penggunaan AI. YouTube sendiri telah mengambil langkah-langkah seperti mewajibkan kreator untuk memberi label pada video yang menggunakan AI generatif. Lalu memberikan opsi kepada artis untuk meminta penghapusan karya AI yang diunggah tanpa izin mereka.

Dengan meningkatnya perjanjian lisensi antara platform dan label musik, kita jadi tahu bagaimana berbagai platform menanggapi tantangan etika dan hukum tentang penggunaan AI dalam menciptakan musik.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
NPC Indonesia Perkenalkan Jersey Baru untuk Atlet -Cover
NPC Indonesia Perkenalkan Jersey Baru untuk Atlet Paralimpiade 2024
batu mulia di mars
Robot NASA Tak Sengaja Temukan Batu Mulia di Mars, Ilmuan Kaget!
PIN Polio 2024
Apa Syarat Vaksin PIN Polio 2024 ? Cek Dulu!
Politikus Demokrat Adi Arief Dikabarkan jadi Komisaris PLN
Politikus Demokrat Adi Arief Dikabarkan jadi Komisaris PLN
Kena Hujat Wanda Hara
Gegara Wanda Hara, "Circle" Mamah Gigi Dirujak Netizen
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Link Nonton Film Bad Boys: Ride or Die Sub Indo Anti Ngantri!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Singapura Menjadi Destinasi Ramah Muslim Terbaik di Antara Negara Non-OKI

5

Link Streaming Indonesia U19 Vs Timor Leste Piala AFF U19 2024, Selain Yalla Shoot
Headline
anies baswedan ahok
Media Asing Soroti 'Pertarungan' Anies vs Ahok di Pilkada DKI
roti okko
Roti Okko Ditarik dari Pasar, Imbas Temuan Natrium Dehidroaseta
Hamzah Haz meninggal dunia
BREAKING NEWS: Mantan Wapres Hamzah Haz Meninggal Dunia
layanan pajak NIK
NIK Resmi Ganti NPWP, Ini 28 Layanan Pajak yang Bisa Diakses Masyarakat