Tampilan Hingga Performa Audi E-tron GT Ditingkatkan, Kejar Porsche Taycan!

Penulis: distopia

Audi E-tron GT
(Audi)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.IDAudi E-tron GT mengalami pembaruan tampilan teknis substansial agar sejalan dengan saudaranya Porsche Taycan yang juga telah ditingkatkan.

Melansir Autocar, Selasa (18/6/2024), beberapa perubahan yang ada pada Porsche juga dilakukan Audi E-tron GT melalui platform J1-nya yang mencakup peningkatan signifikan pada kapasitas baterai, tenaga motor, dan kecepatan pengisian cepat DC.

Untuk pembaruan terkini, Audi telah menata ulang jajaran model E-tron GT versi motor ganda entry-level bertenaga 671bhp, yang berganti nama menjadi RS E-tron GT.

RS E-tron GT mampu mencapai 845bhp dan RS E-tron GT Performance baru diklaim menjadi yang tertinggi untuk saat ini dengan 912bhp.

RS E-tron GT menjadi mobil Audi yang paling bertenaga dan memungkinkannya berakselerasi dari 0-100 kilometer/jam hanya dalam 2,5 detik. Peningkatan itu terjadi berkat sel kimia dan sistem pendingin yang lebih ringkas sehingga kapasitas baterai dapat ditingkatkan dari 84kWh menjadi 97kWh sekaligus mengurangi bobotnya sebesar 9 kilogram.

Spesifilasi Audi E-tron GT

Meski begitu, baterai lebih kecil yang tersedia pada Porsche Taycan tidak ditawarkan pada E-tron GT. Perubahan yang sama memungkinkan kecepatan pengisian maksimum meningkat dari 270kW ke puncak 320kW.

Bagi Audi, hal terpenting ialah mobil itu mampu mempertahankan kecepatan pengisian daya lebih dari 280kW lebih lama hingga kondisi pengisian daya sekitar 70 persen dan dalam rentang suhu yang lebih luas.

Meskipun keluaran tenaganya sedikit berbeda, model E-tron GT baru ini sebagian besar mencerminkan Taycan 4S, Turbo, dan Turbo S.

Masih belum ada rencana untuk versi motor tunggal, Audi menyebutkan kurangnya permintaan dan kurangnya kapasitas di pabrik Böllinger Höfe, yang memproduksi R8 hingga saat ini.

Meskipun E-tron GT standar dan versi RS dulunya terlihat hampir sama, Audi memanfaatkan kesempatan ini untuk membedakan keduanya lebih jauh.

Hasilnya, S E-tron GT kini memiliki sisipan segitiga berwarna perak di air dam depan, mirip dengan model S bertenaga pembakaran milik Audi.

Sementara itu, model RS memiliki sisipan berbentuk L yang lebih agresif, yang secara opsional dapat dibuat dari serat karbon ‘”kamuflase” baru pada model Performance sebagai bagian dari paket karbon.

Perubahan visual lebih lanjut mencakup pola segi enam timbul untuk bagian depan, dan diffuser yang didesain ulang dengan reflektor sentral pada model RS. Pilihan desain roda baru opsional dan pilihan cat juga tersedia.

Pada bagian interior, perubahan paling mencolok adalah kemudi baru, yang kini memiliki bagian atas dan bawah datar serta dilengkapi panel tombol yang sensitif terhadap sentuhan.

Pada versi RS, ia mendapatkan dua tombol satelit yang mengalihkan mode berkendara ke salah satu dari tiga pengaturan yang dapat disesuaikan. Kursi sport yang dapat disesuaikan 14 arah yang sebelumnya opsional kini dipasang sebagai standar.

Seperti halnya Taycan, suspensi udara menjadi standar di seluruh jajaran E-tron GT, dengan tersedia dua tipe. Pengaturan standarnya adalah sistem dua ruang, katup ganda yang dikatakan memiliki rentang penyesuaian lebih besar daripada sistem saat ini, menawarkan kenyamanan lebih baik dan kontrol bodi lebih banyak.

Sistem aktif yang menghilangkan anti-roll bar dan sebagai gantinya menggunakan empat aktuator hidraulik individual adalah opsional. Dalam mode Comfort, ia dapat secara aktif memiringkan bodi ke sudut dan mengurangi limbung yang disebabkan oleh akselerasi dan pengereman.

Kedua versi tersebut dapat muncul dalam sekejap saat pengemudi membuka pintu untuk memudahkan masuk dan keluar.

Meskipun perangkat kerasnya sama dengan Taycan, para insinyur mengatakan Audi dibedakan dengan penyetelannya yang lebih berorientasi pada kenyamanan, yang menekankan karakter GT-nya.

Di Jerman, mobil AUdi terbaru itu dipasarkan seharga 126.000 euro atau sekitar Rp2,2 miliar untuk S E-tron GT, 147.500 euro (Rp2,6 miliar) untuk RS E-tron GT, dan 160.500 euro (Rp2,8 miliar) untuk RS E-tron GT Performance.

(Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Sapi Kurban Gereja Katedral
Bentuk Solidaritas! Gereja Katedral Serahkan 1 Ekor Sapi Kurban ke Masjid Istiqlal
Respons Beckham Usai Laga Debutnya Bersama Timnas Indonesia Mendapat Apresiasi Tinggi 
Respons Beckham Usai Laga Debutnya Bersama Timnas Indonesia Mendapat Apresiasi Tinggi 
Sapi kurban prabowo
Sapi Kurban Presiden Prabowo Bikin Heboh Warga Indramayu
Bidik Menit Bermain Bersama Timnas Indonesia, Beckham Putra: Harus Cepat Beradaptasi
Aksi Beckham Putra Dapat Sorotan, Coach Justin: Warga Bandung Patut Bangga
kasus TPPO
Polri Imbau Masyarakat Tak Mudah Tergiur Kerja di Luar Negeri
Berita Lainnya

1

Pengabdian Kepada Masyarakat – UNIBI TALK: Storytelling sebagai Cara Membentuk Personal Branding yang Autentik dan Konsisten Melalui Media Sosial Instagram

2

Legislator Kritik Keras Penambangan Nikel Raja Ampat Papua Barat Daya, Melanggar Regulasi!

3

Sejarah Kelam Jam Malam, dari Abad Kegelapan hingga Era Dedi Mulyadi

4

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unpas Raih Juara di Ajang Padjadjaran Public Relations Fair (PPRF) 2025

5

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs China Selain Yalla Shoot
Headline
sapi menangis saat kurban
Kenapa Sapi Menangis Saat Kurban? Cek Jawabannya
Waspada Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan RS dan Laboratorium
Waspada Varian Baru Covid-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan RS dan Laboratorium
Presiden Prabowo Subianto Serahkan Sapi untuk Masjid Al Ukhuwah Bandung
Presiden Prabowo Subianto Serahkan Sapi 1,2 Ton untuk Masjid Al Ukhuwah Bandung
Prabowo Bersyukur Timnas Indonesia Kalahkan China
Bersyukur Timnas Indonesia Kalahkan China, Prabowo Berharap Bisa Berlaga di Piala Dunia

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.