JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Tunner mobil asal Jepang, Akira Nakai kembali hadir untuk melakukan pemasangan body RWB mobil-mobil Porsche di Indonesia.
Dalam video unggahan Instagram @rwb_rauhwebegriff, Akira nampak fokus melakukan pemasangan body mobil pada sebuah Porsche 964 Cabrio kuning.
Saat pengerjaanya, tunner tersebut memasang komponen mulai dari bagian fender hingga bagian bumper mobil. Akira tampak mendapatkan bantuan saat melakukan pemasangan oleh orang-orang yang ada di bengkel tempat pemasangan body RWB.
BACA JUGA: Tips Membersihkan Kerak Body Mobil, Auto Kinclong
Dalam unggahan berbeda dari akun @outbrakeid, memperlihatkan pemasangan body pada mobil Porsche hitam. Diketahui, pemasangan itu dilakukan di showroom milik Ivans Motors.
Menariknya, dalam unggahan itu ada seorang netizen yang bertanya penasaran dengan biaya pemasangan body RWB Akira Nakai. Lalu, komentarnya, itu mendapatkan tanggapan dari netizen yang memberikan jawaban mengenai nilai biaya pemasangan.
“Kira2 buat bangun rwb langsung sama Nakai itu ratusan juta kali ya,” tanya salah satu netizen.
“kata jejo, siapin 5 – 6 m untuk satu projek,” timpal netizen lain.
Modifikasi RWB karya Akira Nakai Eksklusif
Nakai Akira adalah seorang tuner mobil Jepang yang namanya telah menjadi legenda di dunia otomotif, terutama dalam komunitas Porsche klasik. Sebagai pendiri RAUH-Welt BEGRIFF (RWB), Nakai Akira terkenal berkat modifikasinya yang ekstrem dan estetik.
RAUH-Welt BEGRIFF (RWB), berdiri karena Nakai di Jepang. Awalnya, RWB adalah sebuah bengkel kecil di Chiba, Jepang, di mana Nakai mulai merancang dan memasang kit bodi lebar untuk Porsche 911.
RWB adalah gabungan kata dari bahasa Jerman yang berarti “Konsep Dunia Kasar”. Filosofi di balik RWB adalah untuk menciptakan Porsche dengan tampilan yang agresif dan berbeda dari yang lain.
Khas Modifikasi
Kit bodi lebar pengembangan Nakai untuk Porsche klasik, terutama model 911 telah menjadi ciri khas dari RAUH-Welt BEGRIFF.
Kit ini tidak hanya mengubah tampilan mobil menjadi lebih lebar dan rendah, tetapi juga memberikan kesan yang sangat personal dan unik. Kit bodi ini biasanya meliputi:
- Bemper depan dan belakang baru
- Side skirt yang lebih rendah
- Lengkungan roda yang diperlebar
- Spoiler belakang besar
Nakai menawarkan opsi tambahan seperti spatbor baru dengan berbagai lebar, penyesuaian suspensi, dan penambahan estetika yang lebih kecil seperti canard dan paku keling khusus. Modifikasi-modifikasi ini bertujuan untuk memberikan performa yang lebih baik dan estetika yang mencolok.
Salah satu hal yang menarik dari sejarah RWB adalah perubahan nama dari “Sekund Entwicklung” menjadi “Zweite Entwicklung,” yang berarti “pengembangan kedua.”
Awalnya, stiker pada bagian belakang mobil modifikasi Nakai bertuliskan “Sekund Entwicklung,” tetapi karena kesalahan ejaan, akhirnya diubah menjadi “Zweite Entwicklung.” Meski begitu, kesalahan ini tidak menghalangi popularitas RWB, justru menambah daya tariknya.
Mahakarya Nakai Akira dan tim RWB telah mencapai status kultus di kalangan penggemar mobil. Banyak yang menyebut estetika RWB sebagai sesuatu yang “tunggal” dan tidak dapat menjadi parameter dengan modifikasi lain.
Tampilan yang sangat lebar, rendah, dan agresif dari Porsche “RWB” menjadikannya ikon di dunia otomotif, terutama di kalangan penggemar Porsche klasik.
Salah satu alasan mengapa RWB begitu terhormat adalah karena setiap pemasangan kit langsung oleh Nakai Akira sendiri. Nakai melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk memasang kit RWB pada mobil-mobil pelanggannya.
Proses ini sangat personal, karena Nakai selalu bekerja dengan tangan dan memperlakukan setiap mobil seperti kanvas untuk menciptakan karya seni yang unik.
(Saepul/Budis)