Strategi Komunikasi Kunci dari Keberhasilan Menghadapi Keluhan Para Pelanggan: UMKM Cimol Bojot AA

Editor: Anisa

1
(Mahasiswa Inaba)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Di Tengah persaingan yang semakin meluas dalam bidang kuliner, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki tantangan utama yang harus dihadapi setiap harinya, seperti tuntutan untuk tidak hanya menawarkan sebuah produk yang memiliki kualitas tinggi, tetapi juga harus memberikan pelayanan yang terbaik, terutama saat menghadapi keluhan yang diberikan oleh pelanggan.

Contoh menarik datang dari salah satu cabang Cimol Bojot AA, sebuah usaha kuliner yang bertepatan di kawasan
Cijagra, Bandung, di mana mereka mengedepankan sebuah strategi komunikasi yang digunakan sebagai cara untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh empat mahasiwa Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia Membangun (INABA): Syifa Nuramalia, Angelie Laura Safitri, Linda Septiyani, dan Senja Suci Rohimah, mewawancarai Bapak Aldi, selaku Person In Charge (PIC) dari Cimol Bojot AA, mengungkap bahwa menangani keluhan dari pelanggan dengan cara yang cepat dan terbuka merupakan hal yang penting dalam aktivitas harian mereka.

“Kalau keluhannya soal produk, misalnya rusak atau salah kirim, saya langsung tawarkan Ganti baru. Tapi kalau
masalahnya soal sikap atau komunikasi, saya coba dengerin dulu baik-baik, terus minta maaf dan cari solusi. Intinya, jangan sampai pelanggan kecewa karena pelayanan saya yang masih kurang,” jelas Aldi.

Respons cepat dianggap menjadi sebuah senjata utama untuk menghadapi ancaman gangguan usaha, apalagi di era digital saat ini banyak keluhan yang viral di media sosial.

Bapak Aldi menyampaikan bahwa ia memilih untuk cepat tanggap dalam menerima keluhan agar dapat menyelesaikan permasalahan dan masalah tidak melebar lebih luas.

“Saya selalu berusaha cepat tanggap. Kalau ada keluhan, saya lebih pilih selesaikan langsung secara personal sebelum melebar ke media sosial. Respons cepat dan sikap terbuka itu kuncinya, biar masalah nggak melebar ke mana-mana,” ujarnya.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif UMKM: Bandeng Presto Dapur Mamah Ninis, Bertahan dari Pandemi hingga Kini

Warung Sederhana dengan Semangat Besar, Kisah Sukses Bu Desi di Bandung

Dalam menjaga jangka panjang dengan pelanggan, pendekatan personal juga menjadi sebuah strategi yang dapat diandalkan. Menurut Bapak Aldi, membangun komunikasi dua arah akan membuat pelanggan merasa dihargai dan tidak takut untuk memberi masukan.

“Saya pengen komunikasi ini jadi kunci buat bangun loyalitas dengan jangka yang panjang,” tambahnya.

Namun, meski merasa komunikasi yang diterapkan sudah cukup baik, Bapak Aldi menyadari bahwa trend akan terus berubah dari masa ke masa. Maka dari itu, ia memiliki sebuah komitmen untuk terus beradaptasi, mulai dari gaya komunikasi, hingga membuka peluang untuk kolaborasi.

Kisah Cimol Bojot AA dapat menjadi contoh nyata bahwa strategi komunikasi yang efektif itu bukan hanya tentang bagaimana cara promosi, melaikan tentang bagaimana sebuah pelaku usaha membangun kepercayaan dalam menangani keluhan yang dapat menyelesaikan masalah.

Di tangan pelaku UMKM yang tanggap dan mudah beradaptasi, kepuasan dari pelanggan bukan hanya tujuan, melainkan menjadi kunci untuk keberlanjutan sebuah usaha.

Penulis:

Universitas Indonesia Membangun (Inaba)

  • Syifa Nuramalia
  • Angelie Laura Safitri
  • Linda Septiyani
  • Senja Suci Rohimah
Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Anak siksa ibu
Anak Siksa Ibu di Teras Rumah, Netizen Istighfar!
amerika serang iran-1
Ngeri, TV Pemerintah Iran Klaim Setiap Warga AS Jadi Target yang Sah
Pedagang Roti Live Tiktok
Pedagang Roti Live Tiktok Diusir Pria Sambil Tenteng Kayu!
brain rot
Sering Scroll Medsos Bisa Bikin Brain Rot?
Kaesang PSI
Kaesang kembali Jadi Caketum PSI, Pede Ajak Tokoh Besar hingga Tembus Senayan
Berita Lainnya

1

Mengenal Lebih Dekat Kecanggihan Persenjataan Iran dan Israel dalam Duel Udara

2

Kemenaker Minta Pekerja Bersabar, BSU Rp 600.000 Segera Cair?

3

Sinergi Kampus dan Alumni, UIN Bandung Siap Dorong Lulusan Tembus Dunia Kerja Internasional

4

Ida Fauziyah: PKB Lahir dari Rahimnya NU

5

Penggalian Kabel Bawah Tanah di Bandung Kini Pakai Teknologi Canggih, Jalan Mulus Tanpa Macet
Headline
amerika serang iran
Iran Bantah AS Hancurkan Bunker Nuklir: Tak Ada Ledakan
PT Digi
Laba Bersih Naik 129 Persen, Arkadia Digital Media Genjot Beragam Sumber Revenue Baru
retreat kepala daerah gelombang 2
Siap-siap Macet, Ada Retreat Kepala Daerah Gelombang II di IPDN Hari Ini
Sungai Citarum di Karawang Jadi Hijau
Diduga Tercemar Limbah Industri, Sungai Citarum di Karawang Jadi Hijau

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.