KABUPATEN BANDUNG : PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Majalaya siaga penuh untuk menjaga keandalan sistem kelisitrikan selama kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan di Kabupaten Bandung selama dua hari, Minggu-Senin (5-6/2023).
Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi akan melakukan tiga agenda kegiatan, yaitu peresmian kolam retensi Andir, pembagian sembako pasar rakyat Baleendah dan peresmian green house Pesantren Al-Itifaq.
Pihak PLN menyiagakan dua unit Uninteruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 80 kilo volt ampere (kVA) serta 5 unit Genset 60 hingga 80 kilo volt ampere (kVA).
Assistan Manager Jaringan PLN UP3 Majalaya Dhany Effendy mengatakan, PLN menyiapkan keandalan pasokan listrik berlapis. Pasokan utama di setiap titik kegiatan kunjungan dari presiden akan diamankan dengan UPS maupun genset.
“Back-up pasokan utama dari Penyulang CNTG, GI PNSIA Trafo 1 150/20 kV (60 MVA), sedangkan untuk pasokan cadangan, satu unit Genset 60 kVa dan dari penyulang CIDO, GI PNSIA Trafo 1 150/ 20 kV (60MVA),” kata Dhany di Baleendah, Senin (5/3/2023).
Dhany menjelaskan, PLN terus bersiaga dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan pada saat acara kunjungan presiden berlangsung pasokan listrik tidak ada hambatan.
“Kami telah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari persiapan peralatan, pasokan kelistrikan di tiap-tiap lokasi yang menjadi agenda kunjugan presiden hingga pengecekan kondisi instalasi kelistrikan di area tersebut,” ujarnya.
Selain itu, selama kunjungan Presiden di wilayah Kabupaten Bandung, PLN juga menyiagakan 50 personel yang berjaga mengamankan keandalan pasokan listrik selama acara kunjungan berlangsung.
BACA JUGA: Bulan K3, PLN UP3 Majalaya Gelar Apel Pasukan dan Pengecekan Alat Yantek
Pada kesempatan ini juga Asisten Manajer Jaringan PLN UP3 Majalaya Dhany Effendy mengatakan, saat ini PT PLN (Persero) memberi kemudahan bagi pelanggannya melalui Aplikasi PLN Mobile.
Aplikasi ini membantu pelanggan untuk menikmati layanan kelistrikan dengan mudah, cepat, dan praktis dalam satu genggaman.
Dengan aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat melacak status laporan, posisi petugas gangguan setelah melaksanakan pelaporan.
Aplikasi New PLN Mobile dapat didownload melalui Apps Store dan Google Play.
“Melalui PLN Mobile, pelanggan dapat mengajukan permohonan penyambungan sementara untuk penyelenggaraan berbagai event. Selain itu, di dalam PLN Mobile juga terdapat fitur catat meter mandiri, permohonan pasang baru, tambah daya, pembayaran tagihan listrik, pembelian token, dan pengaduan,” pungkas Dhany Effendy.
(Budis)