BANDUNG, TEROPONGMEDIA — Fenomena berburu tiket atau war tiket kembali terjadi. Bukan berasal dari konser band mancanegara seperti Cold play, melainkan dari band asal Yogyakarta Sheila on 7. Tiket konser tunggal Sheila on 7 di Kota Bandung ludes terjual dalam kurun waktu dua jam.
Konser tunggal Sheila on 7 yang bertajuk “Tunggu Aku di Bandung” ini akan digelar di Stadion Siliwangi Bandung pada 28 September 2024. Pembelian tiket hanya bisa dilakukan di website resmi tungguakudi.com. Tim Teropong Media pun turut menyaksikan secara langsung persaingan sengit war tiket ini.
Tim semakin bersemangat mengikuti jalannya perebutan war tiket ketika mengetahui jumlah kapasitas Stadion Siliwangi Bandung yang mencapai 25 ribu orang, yang memungkinkan jumlah penonton mengikuti war tiket berada di angka tersebut.
Tiket war konser Sheila On 7 sendiri menjadi ajang sengit antara dua generasi yaitu Gen Milenial dan Gen Z. Mengingat lewat lagu-lagunya yang hits, band ini menemani perjalanan masa remaja para Generasi Millenial.
Bagi para Generasi Millenial menonton konser Sheila On 7 tidak hanya menjadi hiburan tetapi juga bisa mengenang masa nostalgia mereka. Sementara bagi Gen Z hal tersebut juga tidak jauh berbeda.
Perlu dicatat, Tim Teropong media mengikuti war tiket ini tidak menggunakan strategi melibatkan bot atau software otomatis, seperti beberapa kasus yang terjadi pada saat war tiket Coldplay.
Mendapat informasi soal pembukaan penjualan tiket pada Rabu 1 Mei 2024 tepatnya pukul 09.55 WIB, Tim teropong Media pun langsung mengakses tungguakudi.com. Namun di luar perkiraan, pada pukul 10.00 WIB antrean tiket sudah penuh.
Menyadari perburuan tiket semakin sengit , tim mencoba menghubungi pihak promotor konser ini yakni Antara Suara untuk mengetahui kabar terbaru war tiket. Namun saat dihubungi, pihak Antara Suara tak memberi tanggapan.
Kemudian, tim pun menggali informasi dengan mengecek akun instagram Antara Suara. Terlihatlah di Instagram story pengumuman pembukaan war tiket.
Sebelum pembukaan tiket, promotor Antara Suara sempat melaporkan antusiasme masyarakat yang begitu besar dalam memburu tiket konser Sheila on 7.
“5 menit menuju penjualan tiket Sheila on 7 #TungguAkuDiBandung. Persebaran Perjantan Tangguh yang udah stand by di website mulai terlihat. Hari ini sangat-sangat ramai. Semoga lancar buat kita semua ya! Good luck,”
Sebelumnya, CEO Antara Suara Andri Veraning sempat mengatakan, bahwa konser Sheila on 7 ‘Tunggu Aku di Jakarta’ telah sukses menarik penggemar dari berbagai kota dan negara.
“Setelah sukses dengan konser tunggal Sheila On 7 ‘Tunggu Aku di Jakarta’ yang menarik atensi fans dari berbagai kota dan negara, kami mencoba memuaskan dahaga para fans dengan menggelar di lebih banyak kota,” kata Andri dalam keterangan resminya.
Perburuan pun semakin menantang, tim pun kembali mengunjungi website tungguakudi.com untuk memastikan ketersediaan antrean. Tim malah dibuat kaget karena website mengalami error lantaran tingginya lonjakan pengunjung.
Tak lama di menit berikutnya, tim mendapati website itu pun sudah dipenuhi oleh Sheila Gank (penggemar Sheila on 7) yang mengantre tiket.
Seakan terkatung-katung oleh keterbatasan informasi di website tungguakudi.com, Tim pun terpaksa menunggu dengan harapan bisa masuk dalam antrean untuk mendapatkan tiket.
Namun, pupus harapan tim saat tungguakudi.com tiba-tiba memunculkan pengunguman yang menyatakan bahwa tiket telah habis terjual pada pukul 12.00 WIB.
Pihak Antara Suara pun menegaskan habisnya penjualan tiket lewat unggahan di Instagram.
“Nuhun pisan uy Sheila Engke panggih Nya Tanggal 28 September,” tulis Antara Suara di Instagram.
Tak patah arang, tim mencoba mencari informasi penjualan tiket di luar tungguakudi.com. Benar saja, tim mendapatkan beberapa akun di media sosial yang menjual langsung tiket Shela on 7 dengan harga beragam bahkan tak masuk akal.
Salah satu akun instagram bernama @sihungmaung menjual tiket miliknya hingga Rp7 juta per tiket. Sedangkan penyelenggara resmi menjual tiket di kategori CAT 1 dengan harga paling mahal yaitu Rp 950 ribu, CAT 2 Rp 525 ribu, Festival Rp 475 ribu dan CAT 3 Rp 325 ribu.
Sejummlah penggemar yang tidak kebagian tiket pun mengutarakan rasa kecewanya di akun instagram Antara Suara. Tidak sedikit yang meminta konser tersebut untuk digelar selama dua hari atau menggunakan lokasi yang lebih besar.
“Udah masuk udah book balik lagi halaman utama. 2x pisan. gimana rasanya jadi akutuh,” tulis akun @liniminnie.
“Day 2 Plis,” tulis akun @meiki.utami.
Meski pun war tiket ini mencerminkan semangat dan antusiasme para penggemar Sheila on 7, fenomena war tiket juga menimbulkan dampak dan kontroversi yang perlu diperhatikan oleh industri musik dan pihak terkait. Salah satunya, Ketidakpuasan Penggemar yang merasa frustrasi dan kecewa ketika gagal mendapatkan tiket karena persaingan yang sangat sengit.
Kemudian, Penjualan Tiket Sekunder, di mana tiket yang didapat oleh para pembeli akan dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi.
(Dist)