BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) telah merilis panduan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025. Panduan MPLS ini berlaku untuk jenjang PAUD, SD, SMP, hingga SMA dan SMK.
Kegiatan MPLS 2024 Untuk PAUD
- Mengajak peserta didik melakukan ice breaking selama 10 menit. Aktivitas ini bertujuan untuk mencairkan suasana dan membuat peserta didik lebih nyaman di lingkungan baru mereka.
- Mengajak orang tua menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam, dan aman selama 25 menit. Ini penting untuk memastikan semua peserta didik merasa diterima dan didukung.
- Mengajak peserta didik menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan selama 20 menit.
- Mengajak peserta didik mengenali emosi diri dengan aktivitas Roda dan Perasaan selama 15 menit.
- Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan selama 20 menit sebagai komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan.
MPLS 2024 Untuk SD
- Mengajak peserta didik melakukan ice breaking selama 10 menit untuk membangun keakraban di antara siswa baru.
- Mengajak peserta didik menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam, dan aman selama 25 menit, membangun kesadaran dan rasa kebersamaan.
- Mengajak peserta didik menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan selama 20 menit untuk mendidik mereka tentang pentingnya menjauhi kekerasan.
- Memainkan permainan Boleh dan Tidak Boleh selama 5 menit untuk mengajarkan aturan dan norma sosial yang berlaku di sekolah.
- Mengajak peserta didik mengenali emosi diri dengan Roda dan Catatan Perasaan selama 15 menit, membantu mereka mengidentifikasi dan mengelola emosi.
- Memasang poster bentuk-bentuk kekerasan selama 15 menit untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai bentuk kekerasan dan cara menghindarinya.
Kegiatan MPLS 2024 Untuk SMP
- Mengajak peserta didik melakukan ice breaking selama 10 menit, untuk mengurangi kecanggungan dan membangun hubungan positif di antara siswa baru.
- Mengajak peserta didik menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam, dan aman selama 25 menit, menekankan pentingnya saling menghargai.
- Mengajak siswa menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan selama 20 menit, untuk menanamkan nilai-nilai anti kekerasan.
- Memainkan permainan Mitos dan Fakta selama 5 menit untuk meluruskan pemahaman yang salah dan memberikan informasi yang benar.
- Mengembangkan komitmen dan harapan melalui Kotak Harapan selama 15 menit, di mana siswa dapat menuliskan harapan dan komitmen mereka untuk tahun ajaran baru.
- Memasang poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah selama 15 menit untuk memberikan informasi tentang jenis-jenis kekerasan dan cara menghindarinya.
- Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan selama 30 menit sebagai bentuk komitmen bersama.
- Sebarkan aksimu melalui kampanye Media Sosial selama 15 menit untuk menyebarluaskan pesan anti kekerasan.
BACA JUGA: Benarkah Kegiatan MPLS Menggantikan MOS? Ini Penjelasannya!
Kegiatan MPLS 2024 Untuk SMA
- Mengajak peserta didik melakukan ice breaking selama 10 menit untuk mencairkan suasana dan membangun keakraban.
- Mengajak peserta didik menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam, dan aman selama 25 menit, menekankan pentingnya menghargai perbedaan.
- Mengajak siswa menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan selama 20 menit untuk menanamkan nilai-nilai positif dan anti kekerasan.
- Memainkan permainan Mitos dan Fakta selama 5 menit untuk meluruskan kesalahpahaman dan memberikan informasi yang benar.
- Mengembangkan komitmen dan harapan melalui Kotak Harapan selama 15 menit, di mana siswa dapat menuliskan harapan dan tujuan mereka untuk masa depan.
- Memasang poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di Sekolah selama 15 menit untuk meningkatkan kesadaran tentang kekerasan dan cara pencegahannya.
- Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan selama 30 menit sebagai bentuk komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman.
- Sebarkan aksimu melalui kampanye Media Sosial selama 15 menit untuk menyebarluaskan pesan-pesan positif dan anti kekerasan.
(Kaje/Aak)