Oppo Kuasai Pasar Smartphone Indonesia dan Asia Pada Kuartal III-2024

Penulis: Vini

Oppo Pasar Smartphone
Oppo. (Pinterest)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Oppo saat ini memimpin pasar smartphone di Indonesia dan Asia Tenggara, menunjukkan dominasi yang semakin kuat.

Pada kuartal III-2024, Oppo berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 22% di Indonesia, mengalahkan nama-nama besar seperti Xiaomi, Transsion, Samsung, dan Vivo.

Tak hanya di Indonesia, Oppo juga memimpin di pasar Thailand dan Malaysia. Sementara itu, di Filipina dan Vietnam, Oppo menempati posisi kedua.

Menurut laporan Canalys, di tingkat Asia Tenggara, Oppo mencatatkan pangsa pasar sebesar 21%, naik signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya 18%.

Jumlah pengiriman perangkat juga meningkat dari 4 juta unit menjadi 5,1 juta unit, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 29%.

Canalys menyebut keberhasilan Oppo didorong oleh model entry-level seperti Oppo A3x dan A3, yang diberi merek ulang untuk menyesuaikan kebutuhan pasar.

Harga Smartphone Turun, Pasar Asia Tenggara Tumbuh

Pasar smartphone di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan sebesar 15% dengan total pengiriman mencapai 25 juta unit. Namun, pertumbuhan ini dibarengi dengan penurunan harga jual rata-rata sebesar 4%.

Penurunan ini disebabkan oleh banyaknya peluncuran baru, yang memicu banjir produk di segmen mid-range dan entry-level.

Di segmen harga US$100 hingga US$300, persaingan semakin ketat. Para vendor berlomba menarik perhatian konsumen melalui harga yang kompetitif serta berbagai promosi dan diskon.

“Diskon besar pada model lama justru menciptakan konflik harga dengan model baru,” ungkap Analis di Canalys, Sheng Win Chow, mengutip laman resmi Canalys, Minggu (1/12/2024).

Ia juga menambahkan kenaikan biaya bahan baku (BOM) dan inflasi dalam aktivitas penjualan turut menekan margin keuntungan.

Sebagai solusi, beberapa perusahaan, termasuk Oppo, mulai mengonsolidasikan portofolio produk mereka. Oppo, misalnya, fokus pada satu model entry-level unggulan, yaitu A3x, untuk menekan biaya produksi dan memperjelas segmentasi pasar.

Lima Besar Smartphone di Asia Tenggara

Laporan Canalys juga merilis daftar lima besar merek smartphone terpopuler di Asia Tenggara berdasarkan pangsa pasar:

  • Oppo: 21%
  • Samsung: 16%
  • Transsion: 16%
  • Xiaomi: 15%
  • Vivo: 10%

BACA JUGA: Adu Mekanik OPPO A3x dan OPPO A18, Mana yang Lebih Unggul?

Dominasi Oppo di pasar smartphone Asia Tenggara menunjukkan keberhasilannya dalam memahami kebutuhan pasar, terutama di segmen entry-level. Dengan strategi yang tepat, Oppo terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar di kawasan ini.

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Minyak jelantah mbg dijual
Minyak Jelantah MBG Dijual, Ini Respon DPR
penyadapan kejagung
DPR: Kejagung Tak Boleh Lakukan Penyadapan Tanpa Hukum yang Jelas
turis brasil jatuh ke rinjani
Jenazah WNI Brasil yang Jatuh di Rinjani Rampung Diotopsi
FC Mobile
Wakil Indonesia Tampilkan Performa Mengesankan di FC Mobile Festival Bangkok 2025
Hasto Jokowi
Hasto Ungkap Diintimidasi agar Tak Pecat Jokowi, Ngaku Ada Saksi!
Berita Lainnya

1

Ida Fauziyah: PKB Lahir dari Rahimnya NU

2

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!

3

Erwin Gaungkan Perang terhadap Bank Emok: UMKM Harus Naik Kelas, Bukan Terjerat Utang!

4

Setelah Diresmikan Persib, Alfeandra Dewangga Diminta Bobotoh Untuk Hitamkan Rambut

5

Link Live Streaming RB Salzburg vs Real Madrid Piala Dunia Antarklub 2025 Selain Yalla Shoot
Headline
Farhan Akui Bandung Masih Gelap, Segera Perbaiki PJU
Farhan Akui Bandung Masih Gelap, Segera Perbaiki PJU
Skuat Persib Bandung di Piala Presiden Diduga Bocor 
Skuat Persib Bandung di Piala Presiden Diduga Bocor 
Prakiraan Cuaca BMKG
Mau Liburan? Cek Cuaca Hari Ini, Mayoritas Wilayah Indonesia Hujan dan Berawan Tebal
Manchester City
Manchester City Lolos ke Fase Gugur Usai Libas Juventus 5-2 di Piala Dunia Antarklub 2025

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.